Liburan dengan Menjelajah Keindahan Lima Desa Berikut Ini

Redaksi | 12 November 2019 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memasuki akhir tahun, RedDoorz, platform aplikasi pemesanan dan manajemen hotel online nomor satu di Indonesia, memberikan tip lokasi berlibur yang berbeda yang dapat kamu jelajahi untuk mengisi energi kembali setelah satu tahun beraktivitas terutama bagi masyarakat perkotaan. 

Keindahan Indonesia tidak hanya sebatas mengeksplorasi kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, atau bahkan Denpasar. Mengeksplorasi Indonesia berarti menjelajahi Indonesia hingga ke desa-desa yang tidak kalah eksotis menyuguhkan keaslian budaya dengan keramahtamahan masyarakatnya. 

Berikut lima desa di Indonesia yang keasrian alamnya patut untuk kamu kunjungi.

Desa Wisata Kasongan, Bantul, Yogyakarta

Sejak tahun 1971-1972, Desa Wisata Kasongan mengalami kemajuan cukup pesat. Sapto Hudoyo (seorang seniman besar Yogyakarta) membantu mengembangkan Desa Wisata Kasongan dengan membina masyarakatnya yang sebagian besar pengrajin untuk memberikan berbagai sentuhan seni dan komersial bagi desain kerajinan gerabah. Hasil kerajinan tersebut berkualitas bagus dan telah diekspor ke mancanegara seperti Eropa dan Amerika. Biasanya desa ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Desa Mentawir, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara

Desa Mentawir merupakan salah satu desa yang nantinya berdekatan dengan lokasi ibu kota baru. Desa ini menyimpan sejuta potensi wisata dengan wisata unggulan teluk Balikpapan yang tenang, hutan mangrove yang menjadi hunian berbagai jenis hewan khas Kalimantan seperti Pesut Etam, serta hutan bambu yang panjangnya sekitar 4 kilometer. Desa ini dapat ditempuh hanya dua jam dari Balikpapan. Pemerintah daerah juga giat untuk menggalakkan industri kreatif rumah tangga berupa pembuatan sirup dari buah pidada atau buah mangrove sebagai buah tangan wisatawan yang berkunjung kesini. 

Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur

Desa Pujon Kidul adalah salah satu destinasi unggulan di Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Salah satu desa di Indonesia ini dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dan wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang berbau alam seperti memetik sayur, pengolahan susu, wahana outbond, air terjun dan wisata alam lainnya. Setelah puas berkeliling di desa ini, Anda dapat menginap di RedDoorz @ Pandanrejo Batu, Malang untuk beristirahat yang hanya berlokasi 15 menit dari lokasi wisata.

Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah

Ponggok adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Ponggok saat ini telah dikembangkan menjadi desa wisata air, karena memiliki potensi air yang melimpah. Di Desa Ponggok terdapat beberapa umbul (mata air) seperti Umbul Besuki, Umbul Sigedang, Umbul Ponggok, Umbul Kapilaler, serta Umbul Cokro. Pada setiap umbul ini dapat dijumpai pemandangan alam yang indah serta air yang jernih, didukung dengan suasana pedesaan yang asri sehingga sangat sesuai jika desa ini dikembangkan menjadi sebuah desa wisata.

Desa Wae Rebo, Flores, Nusa Tenggara Timur

Wae Rebo merupakan desa tradisional yang terletak di sebuah kawasan terpencil di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai desa ini, pendakian harus dilakukan karena letaknya yang berada di ketinggian 1000 mdpl. Ketika sampai di atas, Anda akan menemukan desa ini dikelilingi oleh perbukitan hijau, hutan yang asri, serta kabut yang mengitari desa Wae Rebo ini. Rumah-rumah adat yang dipertahankan keasliannya pun turut memberikan keunikan tersendiri bagi desa Wae Rebo. Oleh karena itu, desa di atas awan ini dinyatakan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 2013 lalu. Sudah terbayang keindahannya?

Memasuki akhir tahun ini, RedDoorz menginisiasi kampanye #BisaAja yang memungkinkan wisatawan untuk tidak lagi merasa khawatir berwisata ke seluruh penjuru Indonesia. RedDoorz memahami bahwa tidak mudah bagi wisatawan untuk mendapatkan penginapan yang berkualitas di daerah-daerah tertentu yang cukup jauh dari pusat kota. RedDoorz hadir memberikan solusi atas permasalahan tersebut melalui jaringan penginapan yang berjumlah lebih dari 1.200 hotel di seluruh Indonesia yang tersebar di lebih dari 100 kota. RedDoorz menyediakan penginapan dan hotel yang kualitas layanannya terstandardisasi, mulai dari koneksi internet yang cepat, kamar yang nyaman dan sejuk dengan pendingin udara, dan kamar yang bersih.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait