Liburan ke Amsterdam Sambil Menikmati Karya Seni Cahaya dari Laila Azra

Romauli Kamis, 21 November 2019 08:34:15
Menjelang liburan akhir tahun tentu sejumlah destinasi wisata menjadi pilihan yang ingin dikunjungi. Sebut saja salah satunya adalah Belanda. 

TABLOIDBINTANG.COM - Menjelang liburan akhir tahun tentu sejumlah destinasi wisata menjadi pilihan yang ingin dikunjungi. Sebut saja salah satunya adalah Belanda. 

Tak hanya disuguhkan pemaandangan wisata yang indah, pada akhir tahun ini Amsterdam juga mengadakan event Amsterdam Light Festival yang berlangsung mulai 28 November 2019 hingga 19 Januari 2020.

Mengusung tema "Disrupt", festival ini menampilkan 25 karya seni lampu yang cantik. Lampu tersebut menghias ruang publik dengan menampilkan instalasi berskala besar oleh sejumlah seniman global.

Menariknya, salah satu karya seniman Indonesia Laila Azra berjudul "Feel Like The Kardashians" ikut dipamerkan pada festival tahun ini. 

Karya seni cahaya ini adalah yang pertama dari Laila dan merupakan perenungannya tentang lingkaran disruptive yang terjadi antara media, para pesohor, dan penontonnya. 

Karena sudut pandangnya yang unik, Feel Like the Kardashians menghadirkan sisi yang berbeda pada tema festival tahun ini yaitu Disruptions.

Saat pertama kali tahu tentang topik disruption untuk Amsterdam Light Festival tahun ini, Laila langsung membayangkan kilatan lampu kamera paparazzi di kepalanya, yang mengikuti gerak gerik para pesohor yang jadi target mereka. Kejadian ini sesungguhnya sangat mengganggu kehidupan si subjek maupun si objek.

"Dampak negatifnya bahkan menjangkau kita, para penonton, yang tak sengaja terlibat dalam hubungan ini. Hingar bingar dunia hiburan seringkali mengalihkan perhatian kita dari apa yang nyata dalam hidup," ujar Laila Azra.

Ide tersebut kemudian diwujudkan dalam dua bagian karya instalasi kayu, masing-masing sepanjang 12 meter yang menggambarkan sosok-sosok manusia dan lampu kamera. Tiap bagian karya Laila ini ditempatkan berseberangan di masing-masing sisi di Amstel Stock. 

Feel Like the Kardashians adalah salah satu dari sekitar 25 karya seni lampu yang dipamerkan selama festival yang berlangsung selama 53 hari itu. Karya-karya seni cahaya yang dipamerkan akan dinyalakan setiap hari dari pukul 5 sore sampai pukul 11 malam, kecuali pada malam tahun baru antara pukul 5 sore sampai 8 sore. 

Penulis Romauli
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.