5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Merencanakan Liburan Natal dan Tahun Baru

Wayan Diananto | 22 Desember 2019 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Natal dan Tahun Baru 2020 tinggal menghitung hari. Sudah merencanakan liburan bersama pasangan dan anak-anak? Agar liburan Anda menyenangkan, ada sejumlah hal yang patut disiapkan. Hal itu terungkap dalam gelar wicara "5 Hal Penting dalam Merencanakan Liburan Akhir Tahun" di Jakarta, pekan lalu. Apa saja yang mesti disiapkan?

1. Tentukan destinasi dan durasi liburan.
Tentukan sejak awal tempat tujuan liburan dan berapa lama Anda akan menetap di sana. Kemudian, buatlah agenda perjalanan sesuai durasi liburan. Pastikan agenda perjalanan dibuat seefektif dan seefisien mungkin agar tidak ada waktu yang terbuang.

2. Mengurus surat cuti.
Cek sisa jatah cuti Anda lalu ajukan cuti minimal dua minggu sebelumnya.

3. Pilih moda transportasi.
Sangat penting untuk mengetahui moda transportasi dan akses menuju ke lokasi wisata. Pastikan akses transportasinya aman dan berbiaya terjangkau. Dengan kata lain, sesuai anggaran.

4. Jaga kondisi fisik.
Kesehatan adalah hal terpenting. Jika perlu, konsumsilah vitamin C secara rutin sebelum berangkat dan minum air putih 8 gelas per hari. "Ada baiknya membawa tumbler sendiri dari rumah namun pastikan air minum di dalamnya bebas kuman, bakteri, dan zat-zat kimia berbahaya. Anda bisa menggunakan filter air minum seperti Advance Allegro series agar air minum lebih sehat," urai Manajer Komunikasi dan Pemasaran Advanve, Mellisa.

5. Relaksasi agar tubuh lebih segar.
Mendekati hari H, jangan bekerja terlalu keras mengingat liburan juga memerlukan energi ekstra. Jika perlu, Anda bisa merelaksasi tubuh di tempat refleksi langganan. 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait