Muncul Wacana Brand Nation Indonesia The World Park, Seperti Apa?

Adi Adrian | 19 Mei 2020 | 23:22 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, muncul usulan Indonesia sebagai brand nation dengan slogan “Indonesia, The World Park.”

Usulan ini disampaikan Koordinator Forum Deklarator Taman Wisata Dunia (FDTWD), Daniel Kumendong, melalui surat bernomor 045A /Brand Nation/ FD-TWD/V/2020, kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada Rabu (20/5/2020) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Daniel menjelaskan, usulan strategis ini terkait upaya memberi masukan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar brand nation yang sedang dikaji Tim Kemenparekaf selaras dengan positioning yang dideklarasikan para deklarator di Bali. Daniel menyebut, sejumlah perwakilan kepala daerah baik provinsi, kabupaten, kota, Kepala Dinas Pariwisata beserta Kepala Bappeda se-Indonesia telah memelopori penyelenggaraan Deklarasi Taman Wisata Dunia pada 9 Oktober 2018 di Bali.

“Dengan dukungan Menteri Dalam Negeri, mereka memelopori deklarasi taman wisata dunia guna menyampaikan usulan kepada Presiden Jokowi,” terang Daniel lewat siaran pers yang kami terima pekan ini. Usulan ini didukung sejumlah pihak salah satunya, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin. Menurutnya, Indonesia sebagai brand nation merupakan langkah strategis agar nama negara ini lebih mendunia. “Tagline the world park memperkuat ekstitensi Indonesia di mata dunia sebagai pusat pariwisata dunia,” urainya.

Menindaklanjuti usulan ini, FDTWD dan WTP Foundation berencana menggalang dukungan dari berbagai pihak dengan merilis kaos kampanye “Indonesia, The World Park” pada 1 Juni 2020. “Kita akan distribusikan ke seluruh Indonesia lewat aksi penggalangan ponasi Yayasan Taman Wisata Dunia,” imbuh Daniel yang juga Founder dan CEO Yayasan Taman Wisata Dunia, World Tourism Park. Usulan ini diharapkan memudahkan Kemenparekraf memilih desain logo branding Indonesia agar bisa diluncurkan pada Agustus mendatang.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait