6 Alasan Melaka Banyak Dilirik Masyarakat Indonesia untuk Wisata Medis

Romauli | 1 Juli 2020 | 00:42 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam hal pariwisata, Melaka merupakan salah satu destinasi favorit masyarakat Indonesia untuk berlibur. Wilayah yang disebut juga dengan Melaka Bandar Bersejarah ini terus berkembang dalam hal pariwisata.

Dahulu, wilayah ini kondang dengan wisata sejarah karena banyak sekali jejak peninggalan para penjajah. Mulai dari Portugis, Belanda, sampai Inggris. Saat berkunjung, masih banyak bangunan-bangunan saksi bisu jejak penjajahan.

Semakin ke sini, Melaka kian populer dengan medical tourism atau wisata medis. Ada banyak pilihan RS di Melaka yang menjadikan masyarakat dunia memilih untuk berobat di luar negeri, termasuk masyarakat Indonesia. Angka kunjungan masyarakat Indonesia untuk berobat kian meningkat tiap tahunnya. Apa saja yang membuat Melaka makin dilirik masyarakat Indonesia?

1. Pelayanan yang Terjamin

Salah satu alasan utamanya adalah pasien mendapatkan pelayanan yang terjamin. Tidak sedikit rumah sakit menawarkan dokter stand by selama 24 jam. Jadi pasien tidak dibiarkan untuk berlama-lama menunggu. Mereka yang datang akan segera ditangani. Jika butuh rawat inap juga akan langsung mendapatkan tempat.

2. Dokter yang Profesional

Tidak hanya pelayanan yang cepat saja, staf kesehatannya juga profesional. Banyak dokter spesialis lulusan universitas ternama di dunia, ada yang dari Australia, Inggris, Amerika, dan lain-lain. Misalnya saja Mahkota Medical Centre Melaka yang memiliki kurang lebih 90 dokter spesialis dan handal dalam menangani berbagai kasus seperti jantung, kanker, ortopedi, saraf, dan lain-lain. Jadi setiap rumah sakit akan menawarkan dokter-dokter handalnya. Namun, buatlah janji terlebih dahulu jika akan melakukan konsultasi atau berobat.

3. Peralatan Medis yang Mutakhir

Hal lainnya yang membuat pasien berdatangan adalah banyak rumah sakit di Melaka yang sudah menggunakan teknologi mutakhir di bidang medis. Misalnya saja PET Ct Scan, Tomotherapy Radixact, Eus Fibroscan, dan masih banyak lagi teknologi canggih lainnya. Dengan begitu, hasilnya akan lebih cepat dan akurat. Karena hal inilah, tidak sedikit laboratorium rumah sakit di Melaka yang telah terakreditasi Medical Testing ISO.

4. Biaya yang Cukup Terjangkau

Tidak bisa dipungkiri, sampai kapan pun sepertinya biaya atau uang yang dihabiskan juga turut menjadi faktor penentu dalam mengambil keputusan. Lokasi Melaka sendiri dari Tanah Air juga cukup dekat, jadi biaya transportasi juga tidak akan melambung tinggi. Ditambah lagi ada beberapa rumah sakit yang menawarkan layanan antar jemput pasien dari bandara, bisa makin menghemat biaya. Untuk membuat pasien semakin dimudahkan, rumah sakit di Melaka juga bekerja sama dengan beberapa travel agent.

5. Banyak Makanan Halal

Makanan juga menjadi faktor yang membuat masyarakat Indonesia berbondong-bondong untuk berobat. Mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam, jadi makanannya pun terjamin kehalalannya. Jadi untuk pilihan makanannya tidak akan kesusahan. Ditambah lagi, makanan Malaysia juga memiliki rasa yang mirip dengan Indonesia, tidak perlu beradaptasi lagi.

6. Bahasa yang Serumpun Mempermudah Komunikasi

Staf kesehatan di berbagai rumah sakit Melaka biasanya menggunakan bahasa Inggris dan Melayu dalam kegiatan sehari-harinya. Jadi, dengan bahasa yang serumpun akan lebih mudah dalam proses komunikasi saat pengobatan. Pasien tidak akan bingung saat dokter sedang menerangkan. Perlu diketahui, komunikasi antara pasien dan dokter sangatlah penting. Jangan sampai karena bahasa membuat pengobatan jadi terhambat. Jadi, tidak sedikit dokter dan staf rumah sakit menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. 

Penulis : Romauli
Editor: Romauli
Berita Terkait