Mengenal Masjid Khalifah Termegah di Bengkulu dengan Arsitektur Modern

Romauli | 15 April 2021 | 11:26 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kota Bengkulu tidak hanya dikenal dengan kekayaan alam dan budaya, namun kaya akan nilai sejarah. Hal itu juga yang menjadi alasan dibangunnya sebuah masjid termegah di Bumi Rafflesia ini.

Masjid yang diberi nama “Masjid Khalifah” ini merupakan salah satu masjid termegah dan terindah di Kota Bengkulu yang berdiri di atas lahan SMP dengan arsitektur modern, yang pembangunannya termasuk sangat cepat yakni hanya dalam kurun waktu 10 bulan. Masjid Khalifah siap menampung 1.000 jamaah. 

Pembangunan masjid termegah itu tak lepas dari dukungan sociopreneur Maya Miranda Ambarsari. Semasa kecil, wanita kelahiran 9 Juli 1973 ini sempat mengenyam pendidikan di SDN 15 dan melanjutkan pendidikan ke SMPN 2 Kota Bengkulu. Namun, saat kelas 3 SMP Maya pindah ke Jakarta mengikuti sang ayah yang pindah tugas. Hal itu membuatnya tak lupa kota masa kecilnya.

Maya Miranda Ambarsari beserta suami Andreas Reza dan rombongan menghadiri langsung peresmian Masjid Khalifah pada Senin, 5 April 2020 dengan mengambil tema “Menjadikan Masjid Awal Membangun Peradaban untuk Mencetak Generasi Emas serta Mewujudkan Kota Bengkulu Kota Religius”.

Hadirnya masjid Khalifah semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Bengkulu. Memanfaatkan fasilitasnya untuk salat, mengaji, dan tadarus di bulan suci Ramadan sehingga masjid megah ini betul-betul dapat menjadi pusat keislaman di bumi Raflesia ini. 

Pada acara peresmian, Maya Miranda Ambarsari juga memberikan bantuan beasiswa kepada siswa siswi berprestasi di bidang akademik dan non akademik, bantuan kepada siswa- siswi yatim, dan juga kepada seluruh pihak yang terlibat setiap harinya dalam proses belajar mengajar di SMP 2  Bengkulu.

Penamaan Masjid Khalifah sendiri diambil dari nama putra semata wayang Maya Miranda Ambarsari, yaitu Muhammad Khalifah Nasif. Selain itu, nama Masjid Khalifah ini sendiri juga dibuat dengan harapan para siswa-siswi yang nantinya menjadi alumni dapat menjadi pemimpin yang memiliki karakter dan akhlak mulia.

“Nantinya di Masjid Khalifah ini akan diadakan berbagai kegiatan Hafiz Al-Quran dan kegiatan keislaman lainnya sehingga dari sini kita berharap akan muncul para pemimpin hebat,” ujar Maya. 

Penulis : Romauli
Editor: Romauli
Berita Terkait