5 Destinasi Wisata Menarik di Madrid yang Wajib Dikunjungi

Redaksi Minggu, 12 Desember 2021 06:00:01
Kota Madrid menyimpan sejumlah fakta yang mungkin orang-orang di luar sana belum tahu.

TABLOIDBINTANG.COM - Madrid merupakan ibukota dari negara Spanyol yang patut dikunjungi. Madrid juga dikenal karena memiliki klub sepak bola yang terkenal di seantero dunia yakni Real Madrid. 

Kota ini menawarkan berbagai pilihan destinasi  wisata yang indah nan cantik, sebut saja landmark bersejarah, wisata outdoor, museum, sampai wisata belanja. 

Kota ini juga jadi markas pusat United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Madrid sendiri menyimpan sejumlah fakta yang mungkin orang-orang di luar sana belum tahu. Berikut ini penjelasannya:

?    Berada di Ketinggian 667 Mdpl

Madrid berada di ketinggian sekitar 667 mdpl. Akibatnya, kota ini memiliki iklim yang lembab dan ditentukan oleh angin pegunungan. Berhubung kotanya terletak dibawah 700 mdpl,  udara di Madrid cenderung kering tapi tetap jernih. Pada musim gugur, biasanya cuaca akan cerah, akan tetapi pada musim panas akan terasa sangat panas. 

?    Memiliki Lambang Beruang dan Pohon

Madrid identik dengan simbol berupa beruang yang turut dihiasi dengan bintang 7 dari tanda zodiak Ursa-Mayor (Beruang Besar), yang mana telah mewakili dewan Madrid sejak 1212 silam. Sementara itu, lambang pohon ditambahkan setelah 10 tahun kemudian sebagai simbol perjanjian, untuk menyelesaikan perselisihan yang sedang berlangsung antara para pendeta dan dewan, atas penggunaan ladang dan hutan setempat. 

?    Kota Ketiga Terbesar di Eropa

Madrid merupakan kota terbesar ketiga di Eropa. Pada tahun 2015, ada sebanyak 3,1 juta orang yang tinggal di ibukota Spanyol ini. Posisi nomor satu dan dua ditempati oleh London dan Paris. 

5 Pilihan Destinasi di Madrid yang Harus Dikunjungi 

Setelah mengetahui fakta menarik tentang Madrid, giliran beragam destinasi wisatanya yang harus kamu ketahui. Simak daftarnya berikut ini:

1.    Estadio Santiago Bernabéu

Jika kamu menyukai sepak bola, Estadio Santiago Bernabeu menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Terlebih lagi jika kamu merupakan penggemar klub Real Madrid. Estadio Santiago Bernabéu adalah stadion yang menjadi markas klub sepak bola tersebut. Stadion Santiago Bernabéu juga pernah dipakai untuk piala dunia 1982. 

2.    Palacio Real

Tempat wisata lainnya di Madrid yang harus dikunjungi adalah Palacio Real yang merupakan sebuah istana yang menjadi tempat tinggal dan kantor dari keluarga Kerajaan Spanyol. Kerajaan ini memiliki luas 135.000 meter persegi dan di dalamnya terdapat 3428 ruangan, lengkap dengan segala keunikan arsitektur yang bakal membuat takjub. 

Palacio Real juga memiliki banyak taman tua yang tetap cantik dan terawat, seperti Taman Sabatini dan Taman Campo del Moro.

3.    Plaza Mayor 

Plaza Mayor adalah pusat plaza yang legendaris yang sudah hadir sejak 1619 silam. Plaza  berbentuk persegi ini memiliki luas sekitar 129 meter x 94 meter. Biasanya tempat ini banyak dikunjungi saat malam hari, karena memberikan kesan romantis. Adapun daya tarik yang dimiliki oleh Plaza Mayor yakni terdapat patung Philip III yang sedang menunggangi kuda hitam. 

4.    Puerta de Alcalá

Puerta de Alcalá merupakan sebuah gerbang megah yang menjadi ikon kota Madrid. Dulunya tempat yang didesain oleh Fransisco Sabatini   ini adalah pintu masuk sisi timur Spanyol. Gerbang megah ini mempunyai desain dengan ragam ukiran dan patung karya Robert de Michel dan Francisco Gutierrez. 

Saat musim liburan tiba, biasanya Puerta de Alcalá bakal menjadi spot yang paling banyak diburu wisatawan. 

5.    Temple of Debod

Sesungguhnya ada banyak destinasi wisata di Madrid yang patut dikunjungi. Namun, kamu tidak boleh melewatkan untuk datang ke Temple of Debod. Tempat ini merupakan sebuah kuil Mesir kuno yang dibangun sekitar abad ke-2 sebelum masehi. Kuilnya sendiri  dibangun oleh pemerintah Mesir sebagai hadiah kepada kota Madrid. 

Madrid Bagian dari Wilayah Islami 

Sepertinya banyak masyarakat Madrid yang tidak tahu tentang warisan Islam di kota ini. Madrid didirikan sekitar tahun 865 oleh Umayyad emir Mohamed. Madrid awalnya bernama Mayrit, dikenal sebagai salah satu rantai kantong militer yang dibentengi di sepanjang perbatasan antara Muslim Al-Andalus dan kerajaan Kristen di utara.

Nama Madrid diambil dari saluran air bawah tanah dari bahasa Arab, mayra yang diperintahkan oleh Mohamed I untuk dibangun. Pada akhir abad ke-11, orang Kristen menaklukkan Mayrit, walaupun populasi Muslim di sana kala it cukup besar dan terus tinggal di kota sampai pengusiran Muslim Spanyol pada 1609.

Saat ini Madrid pun menjadi rumah bagi sekitar 300.000 orang muslim. Populasi muslim di Spanyol bisa dibilang telah berkembang sangat pesat. Mayoritas penduduk muslimnya merupakan imigran yang berasal dari Maroko, Aljazair, Nigeria, Senegal, sampai Pakistan.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore