Mau Traveling ke Wina? Ketahui Fakta Unik Ibukota Austria Ini 

Redaksi | 12 Desember 2021 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wina merupakan ibukota federal Republik Austria dan sekaligus merupakan salah satu dari 9 negara bagian Austria. Selama berabad-abad, kota ini sudah memegang peranan sebagai ibukota dari Kekaisaran Habsburg dan saat itu sempat menjadi pusat ekonomi di Eropa Tengah bagian selatan. 

Wina sendiri merupakan kota yang bisa dibilang menarik. Baru-baru ini di kota itu diadakan '13th Summit of Women Speakers of Parliament' yang dihadiri langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani

Pada bulan Agustus 2018 lalu, tercatat jika Wina menggeser posisi Melbourne, Australia dari peringkat pertama daftar kota terbaik untuk ditinggali. Padahal sebelumnya Melbourne telah mempertahankan predikat terbaik selama 7 tahun berturut-turut.

Pertokoan Tutup Pada Hari Minggu 

Wina merupakan kota yang memiliki ketenangan. Pada hari Minggu, mayoritas pertokoan di kota ini akan tutup, kecuali rumah makan. Jika ada wisatawan yang baru berkunjung ke Wina, mungkin akan kaget dengan hal yang satu ini. Sebab biasanya pada akhir pekan pusat keramaian akan diburu oleh banyak orang. 

Hari Minggu di Wina merupakan waktu yang biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk bersosialisasi dengan teman dan keluarga mereka di lokasi-lokasi non-pertokoan. Oleh karena itu, tutupnya pertokoan bisa menjadi kesempatan mereka untuk melakukan quality time. 

Redaktur Bidang Komunikasi Internasional Pemerintah Kota Wina pernah mengatakan jika  Wina ingin menjadi lokasi bisnis yang ramah bagi semua pihak. Berdasarkan survei Komisi Eropa tentang kualitas hidup di kota-kota Eropa (2015), Kota Wina menempati posisi keempat setelah Graz, Zurich, dan Reykjavik. Sebanyak  79 persen responden menyatakan puas dengan kondisi kerja. 

Tempat Wisata Tidak Memungut Biaya 

Pada hari Minggu, beberapa tempat wisata umum seperti museum biasanya sengaja tidak memungut biaya. Hal ini dilakukan untuk memanjakan masyarakat sekitar di kota ini. 

Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah Kota Wina menyediakan jalur yang layak digunakan oleh pejalan kaki dan pesepeda. Jalur-jalur tersebut sengaja dibuat cukup besar. Selain itu, pihak pemerintah kota ini juga tidak pernah mengesampingkan ruang terbuka hijau. Justru mereka menjadikan ruang terbuka hijau sebagai pendukung kualitas hidup yang tinggi. 

Tersedia Ratusan Taman 

Sementara itu, bagi masyarakat yang gemar berolahraga, Pemerintah Kota Wina juga menyediakan 953 taman milik pemerintah dan 981 taman bermain untuk digunakan sebagaimana mestinya. 

Sediakan Kartu Transportasi Murah 

Tak hanya itu saja, Pemerintah Kota Wina juga juga cukup memperhatikan terkait urusan  transportasi publik. Oleh karena itu, semua  transportasi publik di Wina sangat mudah diakses, dijangkau, dan harganya murah. 

Penduduk setempat dapat membeli kartu transportasi tahunan dengan harga 365 Euro, atau cukup membayar 1 Euro saja per harinya. Kartu tersebut berlaku untuk semua jenis transportasi publik, mulai dari kereta bawah tanah, bus, kereta cepat, hingga tram.

Kemudahan yang diberikan pemerintah setempat ini diharapkan bisa mendorong keinginan masyarakat agar mau menggunakan  transportasi umum, sehingga penggunaan kendaraan pribadi yang terkadang menjadi penyebab macet bisa berkurang.

Berdasarkan data statistik Pemerintah Kota Wina pada 2016, tercatat tingkat kepemilikan mobil di kota ini merupakan yang terendah dibandingkan kota lain di Austria. Sebanyak 39 persen penduduk di Wina menggunakan transportasi umum, sebanyak 27 persen menggunakan kendaraan pribadi, sekitar 27 persen  berjalan kaki, dan sisanya memilih untuk bersepeda.
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait