Patung Hachiko dan Penyeberangan Shibuya, Destinasi Wisata Unik di Jepang

Suyanto Soemohardjo | 7 Januari 2018 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selain Disneyland, kuil-kuil bersejarah, bermain salju saat musim dingin, Shinjuku, Harajuku atau Akhibara, Shibuya dengan patung anjing hachiko dan penyebarangan shibuya yang femomenal, menjadi desitinasi yang banyak dikunjungi turis di Jepang. 

Begitu keluar dari stasiun Shibuya Anda akan segera melihat beberapa orang sedang antre untuk berfoto dengan patung anjing yang berada di pojokan. Patungnya tidak terlalu besar dan cenderung biasa saja, sekilas tak ada yang istimewa. Tapi setelah mendengar cerita tentang patung anjing itu Anda pasti akan tergoda untuk melihat dan berfoto di sana. Lokasi patung anjing ini juga sering dijadikan tempat janji bertemu orang Jepang.

Patung anjing hachiko itu dibuat warga Jepang untuk mengapresiasi seekor anjing yang sangat setia pada tuannya. Anjing yang dipelihara profesor Ueno itu setiap hari mengantar dan menjempung tuannya berangkat dan pulang kerja di depan stasiun Shibuya. Ketika profesor ueno meninggal saat sedang bekerja, si anjing yang tidak tahu setiap hari datang ke stasiun untuk menjemput tuannya. Itu dilakukan secara terus menerus setiap hari sampai beberapa waktu. 

Kisah anjing yang setia menunggu tuannya itu pun menyebar dari mulut ke mulut, dan akhirnya menarik seorang wartawan untuk menulskan kisahnya. Saking populernya kisah ini bahkan diangkat ke film, juga dibuat versi Hollywood-nya dengan aktor Richard Gere. Kisah inilah yang membat patung anjing hachiko di depan stasiun Shibuya d Tokyo menjadi istimewa, bahkan mendunia.

Setelah berfoto-foto dengan patung hachiko, turis biasanya akan segera mencari penyeberangan Shibuya (Shibuya Crossing) yang fenomenal. Sesuai namanya, ini memang penyeberanan jalan atau zebra cross biasa. Yang membuatnya istimewa, di tempat ini setiap kali lampu menyeberang berwarna hijau menyala ada ratusan bahkan konon mencapai ribuan orang pada jam sibuk, menyeberang pada saat bersama dari empat penjuru. Di lokasi ini juga banyak papan reklame denga video dengan layar sangat besar. Setiap harinya konon ada 1 juta orang menyeberang di tempat ini. Keramaian penyeberangan jalan ini kian riuh dengan banyak turis yang ikut menyeberang sekadar untuk selfie.

Datang ke Shibuya hanya untuk melihat orang menyeberang jalan dan patung anjing? Begitulah yang banyak dilakukan turis di sana. Tapi di Shibuya selain ada patung hachiko dengan kisahnya mengharukan dan penyeberangan dengan sensasinya, juga banyak pusat perbelanjaan. Setelah berpose dengan dengan patung anjing hachiko, ikut menyeberang sambil foto-foto, Anda bisa meneruskan aktivitas jalan-jalan dengan melihat-lihat aneka barang di beberapa pusat perbelanjaan di sana.

Dengan kisah yang dikemas dengan menarik, tampaknya apapun bisa jadi destinasi wisata yang disukai turis zaman now. 

Penulis : Suyanto Soemohardjo
Editor: Suyanto Soemohardjo
Berita Terkait