4 Destinasi Wisata Mistis yang Seru Dikunjungi Rekomendasi Sara Wijayanto

Wayan Diananto | 14 Januari 2018 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sesekali, cobalah wisata mistis. Sara Wijayanto (38) bilang, Indonesia punya banyak wisata mistis yang sangat elok.

Sara Wijayanto merekomendasikan 4 destinasi wisata mistis yang menarik untuk Anda kunjungi. 

1.    Alas Ketonggo (Ngawi, Jawa Timur)

Sara menjelaskan, Alas Ketonggo merupakan tempat Prabu Brawijaya V menanggalkan ageman (pakaian) sebelum moksa. Dalam ajaran Hindu, moksa berarti membebaskan diri dari ikatan duniawi dan terlepas dari siklus reinkarnasi. Alas Ketonggo merupakan hutan yang aura mistisnya kental. Masyarakat setempat menjadikan hutan ini tempat menenangkan diri dan bersemedi. Mengunjungi tempat ini menyadarkan kita betapa leluhur kita luar biasa. Tingginya kekuasaan tidak membuat mereka pongah, melainkan tetap rendah hati dan terus mencari ketenangan batin.

2.    Lawang Sewu (Semarang, Jawa Tengah)

Sara belum pernah memasuki setiap ruang di Lawang Sewu. Namun ia pernah melintasi kawasan di depan Lawang Sewu. “Baru melintas, terasa ramai penghuninya. Kalau dilihat dengan mata batin, penunggunya banyak. Yang saya lihat, ada orang Belanda di halaman luar. Beberapa sahabat saya bilang, di dalam gedung ada wanita (Jawa) berambut panjang, hitam, tergerai. Ini salah satu gedung yang harus dimasuki,” ulas bintang film The Doll 2.

3.    Makam Raja-raja Mataram (Kota Gede, Yogyakarta)

Inilah tempat yang sangat dihormati masyarakat Yogyakarta. Kalau masuk ke sana, harus memakai ageman berupa kain jarit. Sara mengimbau generasi muda mengunjungi tempat ini untuk mengenal budaya dan tata krama lingkungan keraton. “Seingat saya, kalau masuk ke pemakaman enggak boleh terlalu ramai, pakai kain, tanpa alas kaki, dan ada jadwalnya. Saat datang ke sana, saya melihat (roh) para leluhur mengenakan busana Jawa, bagus sekali, dan memancarkan aura yang sangat positif,” cerita aktris kelahiran 6 Mei itu.  

4.    Parangtritis (Yogyakarta)

Masih banyak pantai yang lebih indah di Yogyakarta, namun yang dimiliki Parangtritis lebih dari sekadar keindahan alam. Daya tarik Parangtritis tampak saat kita mau meluangkan waktu untuk mengobrol dengan masyarakat sekitar. Pada hari-hari tertentu, mereka mengapungkan sesaji dari bibir laut.

“Tidak bisa dipungkiri, Indonesia mistis banget. Yang kita dengar, Parangtritis kediaman Ibu Ratu, Nyi Roro Kidul. Beliau menaungi daerah Selatan. Saya percaya beliau ada. Kalau dibilang saya pernah melihat, begitulah adanya. Beliau cantik sekali. Orang bilang, Nyi Roro Kidul mengenakan baju berwarna hijau, ya. Selain itu, beliau mengenakan selendang. Warna selendangnya sering berganti. Sampai di situ saja saya ceritanya. Beliau tidak terlalu suka dibicarakan,” ujar Sara, mengakhiri perbincangan.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait