Jalan-jalan ke Cirebon, Ini Beberapa Destinasi yang Bisa Anda Kunjungi

TEMPO | 9 Februari 2018 | 16:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kota Cirebon memiliki segudang tujuan wisata, mulai kuliner, budaya, sejarah, belanja, hingga pemandangan alam. Namun jika hanya punya waktu sedikit singgah di Cirebon, ada beberapa hal yang perlu Anda nikmati di Cirebon.

Nasi Jamblang

Sebelum menjelajah Cirebon, sebaiknya pastikan bahwa fisik telah memiliki cukup energi. Untuk mengisi perut, nasi jamblang bisa dijadikan pilihan. Dibungkus dengan daun jati, sumber karbohidrat ini dimakan dengan lauk pauk yang tersedia.

Pengunjung bisa memilih berbagai hidangan seperti pepes jamur, tempe, tahu, sate udang, kerang, telur puyuh, hati sapi, dan lain-lain. Tidak sulit menemukan restoran nasi jamblang di kota Cirebon. Salah satunya di sekitar stasiun kereta . 

Keraton Kasepuhan

Setelah menikmati nasi jamblang, destinasi selanjutnya Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan salah satu peninggalan kesultanan Cirebon. Pengunjung bisa menjelajahi tempat-tempat yang digunakan Sultan Cirebon dalam menjalankan roda pemerintahan termasuk museum yang menyimpan berbagai benda pusaka.

Gua Sunyaragi

Dari Keraton Kasepuhan, saatnya menuju tempat wisata luar ruang. Salah satu yang bisa dikunjungi Gua Sunyaragi, yang hanya butuh 16 menit perjalanan dari Keraton Kasepuhan.

Ini gua buatan dengan bahan batu karang dari laut selatan yang digunakan para sultan dan anggota kerajaan untuk melakukan meditasi sekaligus menempa fisik dan mental.

Batik Trusmi

Cirebon memiliki morif batik yang khas, misalnya megamendung, yang melambangkan rezeki dan kesuburan. Bagi mereka yang ingin berbelanja batik, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Pusat Sentra Batik Trusmi.

Di sana ada berbagai jenis batik baik yang berbentuk kain maupun busana. Tak hanya batik, beragam jenis kerajinan, cendera mata, bahkan oleh-oleh berupa penganan Cirebon tersedia di sini.

Empal Gentong

Empal gentong menjadi penutup enam jam di Cirebon. Dari kawasan batik Trusmi, ada beberapa restoran empal gentong terkenal di Cirebon, yang hanya memakan waktu tidak sampai puluhan menit untuk sampai ke sana.

Ada dua jenis empal, berkuah santan dan berkuah asam dengan belimbing wuluh. Kedua jenis empal ini bisa dicoba untuk mengetahui mana yang pas dengan selera lidah. 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait