Ada 9 Bumbu Dapur Terpopuler Untuk Membuat Masakan Indonesia, Apa Saja?

Wayan Diananto Sabtu, 24 November 2018 03:30:31
Aneka bumbu masak. (Foto: Wayan Diananto)

TABLOIDBINTANG.COM - Membahas kuliner Nusantara seolah tak ada habisnya, saking banyaknya dan saking enaknya. Kuliner Nusantara beragam mengingat Indonesia sejak dulu dikenal sebagai surga rempah-rempah. Hal itu terungkap dalam gelar wicara "Koepoe-Koepoe Professional" di ajang SIAL Interfood 2018 di Ji-Expo Kemayoran Jakarta, pekan ini. Salah satu narasumber yang hadir, praktisi masakan dan dosen food product STP Trisakti Jakarta, Aliefatqul Maulana, mengakui rempah Indonesia beragam.

"Meski sangat beragam kita bisa menyederhanakannya menjadi tiga yakni, bumbu dasar merah, kuning, dan putih. Itulah tiga bumbu inti untuk masakan Indonesia. Misalnya, bumbu dasar putih dipakai untuk bikin semur dengan penambahan kecap. Jika bumbu putih ditambahi santan, bisa untuk bikin opor," terang Aliefatqul Maulana kepada tabloidbintang.com.

Ia kemudian menyebut setidaknya 9 rempah dasar yang wajib ada didapur untuk membuat kreasi kuliner Indonesia. "Yang pertama jelas lada. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan lada. Setelah itu kencur, kunyit, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk. Selain itu kayu manis dan cengkeh. Rempah-rempah ini juga ada di dapur hotel. Hanya, masakan buatan hotel lebih mengutamakan keamanan masakan ketimbang cita rasa," Aliefatqul Maulana menyambung.

Beruntung sejumlah perusahaan memproduksi bumbu dalam kemasan modern yang higienis dan bisa disimpan. Dulu, kata Aliefatqul Maulana, rempah-rempah segar seperti daun-daunan biasanya disimpan dikulkas, dibungkus dengan kertas koran. Maksudnya agar daunnya tetap lembap dan tidak kering.

"Kalau saya lebih senang membungkus rempah dalam bentuk daun dengan tisu lalu dimasukkan ke kulkas. Sekarang, dengan kemasan dan segel higienis bumbu menjadi lebih awet karena dijamin dengan tanggal kedaluarsa oleh produsen," imbuh dian.

Dalam kesempatan itu, President Director PT Anggana Catur Prima, Harry Widjaja, menyatakan Koepoe-koepoe Professional diciptakan untuk para chef dan profesional kuliner Indonesia. Hadir dengan lebih dari 40 varian rempah, sangat cocok untuk resep lokal maupun internasional. "Kami harap bisa memotivasi para chef maupun ibu yang gemar memasak untuk berkreasi di dapur dengan aneka bumbu," harapnya.

Penulis Wayan Diananto
Editor Wayan Diananto
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.