Agar Roti Lembut dan Mengembang, Ini Tips dari Chef Vindex Tengker

Romauli Gultom Minggu, 25 November 2018 10:05:53
Chef Vindex Tengker.

TABLOIDBINTANG.COM - Membuat roti memang dibutuhkan kesabaran agar hasilnya lembut dan mengembang sempurna, sehingga enak dimakan.

Namun, kenyataannya saat belajar membuat roti, tak sedikit yang mengalami kegagalan. Contohnya, roti yang bantet atau tidak mengembang sempurna dan bertekstur kasar dan keras.

"Kita umumnya nggak sabaran. Bikin roti itu sebenarnya simpel, tapi butuh kesabaran, butuh latihan, dan semuanya menggunakan perasaan. Salah atur temparatur atau salah aduk, akan membuat hasil tidak baik. Yang harusnya ditunggu di oven misalnya selama 30 menit, tapi karena nggak sabaran justru dipercepat jadi 10-15 menit. Hasilnya, ya, pasti gagal,” kata Chef Vindex Tengker di sela Selebaking Bungasari di SIAL InterFOOD 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (24/11).

Vindex menjelaskan, pemilihan tepung terigu sangat penting untuk mendapatkan kualitas roti yang lembut dan mengembang sempurna.

“Tepung terigu untuk membuat roti harus menggunakan tepung terigu protein tinggi. Tepung jenis ini banyak mengandung gluten atau protein terigu. Roti itu perlu gluten. Gunanya untuk membentuk tekstur, rasa, dan kekenyalan," ujar chef jebolan Hotel Management di Akademi Pariwisata Jakarta ini.

Sementara itu, Sales & Marketing Director PT Bungasari Flour Mills Indonesia, Budianto Wijaya mengapresiasi  chef yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun ini usai berbagi resep bagaimana membuat Keong Pastry dan Noodle Dumpling di sela Selebaking Bungasari.

“Kehadiran Chef Vindex yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi,  merupakan wujud dari upaya Bungasari yang selalu mengedukasi masyarakat untuk menghasilkan makanan dari olahan tepung di jenjang yang lebih tinggi," tutupnya.

Penulis Romauli Gultom
Editor Tubagus Guritno
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.