Yuk Jadi Barista, Menyeduh Biji Kopi Sendiri di Rumah!

HOME.CO.ID Kamis, 15 Oktober 2020 22:30:33
ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Tentukan sudut ruang sebagai coffe bar, bisa di ruang makan atau dapur. Di sudut ini Anda bisa menjejalkan semua alat penyeduh kopi, sehingga tidak perlu repot memindahkannya saat dibutuhkan. Langkah ini sederhana, tetapi sangat memotivasi untuk mulai menyeduh kopi sendiri. Menikmati kopi di rumah sama seperti saat ngopi di cafe.

Ngopi di Rumah dengan Biduhaev Collection

Bagian paling penting dari kegiatan memulai menjadi barista di rumah adalah alat seduh kopi. Mulailah dengan membeli seperangkat manual brew beserta coffee scale, gooseneck kettle dan kertas filter. Ada banyak merek yang mengeluarkan alat penyeduh ini, seperti Hario V60. Penyeduh dengan sudut kemiringan 60 derajat, inovasi dari Hario perusahaan penghasil alat seduh kopi asal Jepang. Atau Kalita Wave yang sekilas mirip V60. Bagian dasarnya trapesium dengan bawah rata (flat drip) dan tiga buah lubang.

Perbedaan bentuk corong akan mempengaruhi kertas filter yang digunakan. Kertas filter untuk Hario V60 berbentuk kerucut, sedangkan Kalita Wave berbentuk mirip cetakan kue muffin dengan pinggiran bergelombang. Saat ini keperluan membuat kopi tidak hanya didominasi perusahaan besar seperti Hario (Jepang), Eva Solo ( Denmark), Bialetti (Italia) dan masih banyak lagi. Para designer produk pun mulai berinovasi menciptakan produk yang meraih penghargaan desain kelas dunia.

Bi.du.haev, label dari Jepang khusus untuk coffe drippers menciptakan biduhaev Cold Brew Coffee System Maker - Cold Drip Tea, Wine & Sake, alat yang membuat cold brew semudah membuat es kopi biasa dan meraih penghargaan iF World Design Gold Award 2015. Atau Scenty Presso karya Byun Seulki, Gwak Younyoung, Hwang Jinhyeong, Kim Taewoo, Kim Taeyeon yang meraih Red Dot Award 2017. Desainer Korea selatan ini berinovasi menjadikan mesin pembuat kopi sekaligus alat penghilang bau dan scent diffuser untuk ruangan.

Penulis HOME.CO.ID
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.