Jimmy Ray Abraham Nelwan, Nasi Kuning Jualannya Dipesan Artis Hingga Politisi

Agestia Jatilarasati Minggu, 14 Januari 2018 02:00:22
Jimmy Ray Abraham Nelwan, Nasi Kuning Jualannya Dipesan Artis Hingga Politisi (Bambang / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Nasi Kuning Cakalang Oma bukan bisnis kuliner pertama Ray. Sebelumnya ia menjual makanan seperti nasi uduk dan bihun goreng di pantri kantor tempatnya bekerja.

“Sebelum berbisnis nasi kuning, saya pernah bekerja di sebuah perusahaan swasta di Jakarta. Karena perusahaan itu tutup, saya mencoba untuk berbisnis saja,” ceritanya.

Semula, melihat puding buatan sang ibunda sangat lezat, Jimmy Ray Abraham Nelwan membuat bisnis puding. Awalnya berjalan lancar. Namun di tengah perjalanan ia menemui hambatan pada proses pengirimannya.

Alhasil, setelah menutup bisnis puding, Ray beralih ke bisnis nasi kuning khas Manado. Di awal merintis, ia menggunakan sistem titip jual di salon milik temannya di kawasan Jakarta Selatan.

Tak disangka, strategi itu tidak ampuh. Penjualannya kurang memuaskan. Dari 10 nasi kuning yang ia titipkan hanya terjual empat sampai enam boks per harinya. Ray kemudian mengevaluasi bisnisnya. Setelah berdiskusi dengan temannya, ia mendapat pencerahan untuk melakukan terobosan. 

"Dia menyarankan saya untuk mengubah tampilan dan branding untuk nasi kuning saya. Akhirnya teman saya itu membantu membuatkan logo. Sedangkan saya mengubah tampilan nasi kuningnya menjadi lebih cantik serta membuat Instagram khusus untuk ini yakni @kantinoma,” cerita Ray bersemangat.

Hasilnya, pesanan mulai berdatangan. Yang mengejutkan, ada pembeli yang meminta bentuk khusus (custom) untuk nasi kuning menjadi ala bento. Ray tidak menolak. Mengikuti saran ibunda untuk mengambil semua kesempatan yang datang, Ray memberanikan diri untuk memenuhi permintaan tersebut. 

Nasi kuning ala bento aneka rupa seperti bola, mobil, karakter Hello Kitty, dan banyak lagi, berhasil dibuat oleh Ray. Sejak itu, pesanan nasi kuning dalam bentuk unik makin banyak, termasuk pesanan tumpeng nasi kuning dengan bentuk nyeleneh. Semua pesanan Ray terima. Ia kembali berpegang pada saran ibunda. 

Jimmy Ray Abraham Nelwan, Nasi Kuning Jualannya Dipesan Artis Hingga Politisi (dok. Pribadi)
Jimmy Ray Abraham Nelwan, Nasi Kuning Jualannya Dipesan Artis Hingga Politisi (dok. Pribadi)

“Kebetulan saya punya ayah yang sangat terampil sehingga dia yang bantu saya buat bikin pesanan yang bentuknya unik-unik itu,” cerita Ray. Alhasil, beragam bentuk nasi kuning baik bento maupun tumpeng berbentuk unik sudah dihasilkan Nasi Kuning Cakalang Oma. Mulai dari bentuk mobil, hati, pohon natal, ketupat hingga gedung DPR. 

Popularitas Nasi Kuning Cakalang Oma kian melambung. Tak hanya kalangan biasa yang memesan, seleb, pejabat, hingga politisi dan menteri bahkan menyukai. Ray menyebut, dalam sehari ia bisa menjual 150-200 nasi kuning. 

“Saya sama sekali enggak endorse mereka (artis atau politisi). Biasanya asisten atau temannya yang memesan dan saya hanya membuat sesuai permintaan. Ternyata itu untuk artis A, pejabat B seperti untuk Syahrini, Bapak Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) atau untuk anggota DPR. Saya sangat bersyukur,” tutupnya.

(ages / gur)

Penulis Agestia Jatilarasati
Editor Tubagus Guritno
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.