Fajar Nugra Raih Banyak Ilmu dari Stand Up, Cara Bersikap Hingga Jaga Hubungan

Yohanes Adi Pamungkas | 30 September 2018 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah mengantongi ijazah SMA, Fajar Nugra (23) tidak langsung kuliah. Selama 2 tahun cowok kerempeng ini berjuang agar diterima di jurusan komunikasi sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung.

Fajar mengisi waktu luangnya dengan mendalami dunia komedi tunggal, yang sedang berkembang pada 2013. Tidak sia-sia, karena kini tidak hanya lawakannya memeriahkan dunia hiburan, tapi juga aktingnya di layar kaca maupun layar lebar. 

Berseliwerannya komedian tunggal di program televisi dan kanal You Tube menarik perhatian Fajar yang kala itu baru lulus SMA. Fajar terkagum-kagum, menyaksikan seseorang melawak sendirian di atas panggung dan berhasil memancing tawa penonton.

“Saya baru tahu, yang namanya komedian tunggal itu harus menghibur penonton tanpa properti apa pun,” kata Fajar saat berbincang di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Fajar mendaftar menjadi anggota komunitas Stand-up Comedy Universitas Djuanda, Bogor, yang terbuka untuk umum dan jaraknya cukup dekat dengan rumahnya. Suka membanyol jadi modalnya. Beberapa bulan bergabung dalam komunitas untuk belajar sekaligus berlatih, Fajar memperluas jaringan dengan menjadi anggota komunitas Stand Up Indo Bogor.

“Saya pernah ikut lomba stand-up comedy seluruh Indonesia dan mendapatkan juara ketiga. Sejak saat itu saya serius menjadi komedian tunggal,” tutur Fajar, yang mengaku sudah memiliki kekasih.

Sambil merintis karier, pada 2015 Fajar akhirnya mengambil kuliah komunikasi di Universitas Pakuan Bogor. “Saya tetap membutuhkan pendidikan. Sekarang kuliah saya memasuki semester keenam,” ujar Fajar. 

Ia kemudian mencoba peruntungannya di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Kompas TV pada 2016. Sayangnya langkahnya terhenti di babak 6 besar, kalah bersaing dengan Indra Jegel yang menjadi pemenang.

“Namun saya mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu. Seperti cara menjadi komedian tunggal dengan karier bagus, cara bersikap di media sosial, sampai cara menjaga hubungan dengan para penggemar,” urai Fajar yang saat tampil suka menirukan gerak-gerik perempuan.

(han / gur)

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor : Yohanes Adi Pamungkas