Ramon Papana Sebut Materi Komika Indonesia Belum Cerdas

Abdul Rahman Syaukani | 6 Juli 2019 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ramon Papana yang merupakan pelopor stand up comedy di Indonesia mengungkapkan perbedaan komika luar negeri dan dalam negeri.

Menurut pemilik hak paten open mic tersebut, materi lawakan komika Indonesia belum terlalu cerdas karena masih banyak yang membicarakan hal-hal jorok atau isu SARA yang malah berakibat pada pelaporan polisi.

"Stand up comedy itu kan komedi cerdas, saya pikir itu yang masih kurang di Indonesia. Komika luar negeri juga ada yang bicara itu tapi mereka berhasil menyiasatinya dengan baik. Orang tua kita padahal sudah mencontohkan kelamin dibilang burung,itu cerdas," ujar Ramon Papana saat ditemui di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (5/7).

Ramon Papana memaklumi kekurangan komika Indonesia mengingat lawakan ala stand up comedy masih terbilang baru. "Itu wajar karena komika kita masih terus berproses, belum benar-benar jadi," ucapnya.

Ramon Papana dalam kesempatan itu juga mengapresiasi materi lawakan Pandji Pragiwaksono dan Cak Lontong yang dinilainya sudah dianggapnya bagus secara garis besar.

"Pandji, Cak Lontong, termasuk salah satu contoh. Pelawak juga bisa menjadi stand up comedian kalau mau belajar," kata Ramon Papana.

(man / gur)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait