Cerita Dede Sunandar Bolak-balik Pinjam Uang ke Sule

Supriyanto | 27 April 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Komedian dan presenter Dede Sunandar membantah bangkrut karena gagal nyaleg di Pemilu 2024. Kabar tersebut muncul setelah ia mengumumkan menjual rumah dengan luas tanah 201 meter persegi dan luas bangunan 75 meter persegi.

Meski sudah membantah, Dede Sunandar tidak memungkiri merasakan pasang surut kehidupan. Bahkan saat sedang berada di bawah dengan kondisi ekonomi sulit, Dede rela mendatangi Sule untuk menggadaikan rumah agar bisa meminjam uang.

Dede menceritakan dirinya pagi-pagi sudah mendatangi kediaman Sule di Tambun, Jawa Barat. Padahal belum ada komunikasi sebelumnya.

"Jam 7 pagi ke Tambun, bawa-bawa suratnya," buka Dede Sunandar di studio Pagi Pagi Ambyar, Trans TV, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Gue jam 11 baru bangun. Gue lihat di CCTV itu si Dede ngapain, dia kan jarang nggak ngasih tahu kalau ke rumah. Gue turun, duduk di kolam renang, dia datang duduk bawa tas, ini map (di tangan) nih bawa surat. 'Ngapain De itu apaan?' 'Surat tanah'. 'Oh mau jual?' 'Gadai aja'," kata Sule membeberkan obrolannya dengan Dede kala itu.

Setelah menceritakan kronologis, Sule pun akhirnya memberikan pinjaman kepada Dede Sunandar. Ternyata itu bukan pertama kali Dede meminta pertolongan pada Sule.

Caleg dari partai Perindo itu menceritakan salah satu momen yang pernah membuatnya ketar-ketir oleh Sule. Dede datang ke Sule usai diancam  bakal dilaporkan ke polisi jika tidak membayar utang di waktu tertentu.

"BU, butuh uang juga iya, waktu itu belum bayaran sekolah, kerjaan belum ada," kata Dede tersenyum.

Sule menceritakan Dede Sunandar yang datang ke lokasi syutingnya. Dede Sunandar mengaku saat itu sudah gemetaran.

"Dede datang ke tempat syuting, 'Naon De?' 'Ini Pak, gimana ya Pak?' Dia sudah berkaca-kaca. Dua sudah mau dilaporin ke polisi kalau dia nggak tepat waktu. Jam 5 mau dilaporin, gue diemin aja dari pagi. Jam 5 kurang 2 menit baru gue transfer," terang Sule.

"Kenapa saya seperti itu, biar dia (Dede Sunandar) ada efek jera. Kalau mau ambil keputusan itu mikirnya harus beberapa kali, panjang. Kalau gue pasti gue tolong karena Dede juga kan banyak jasa buat saya," tambah Sule sambil tertawa.

Mendengar ucapan itu Dede Sunandar memeluk Sule. Dede mengaku istrinya kerap mengingatkan apakah utang ke Sule sudah dibayar atau belum.

"Istri juga, 'Pak utang Kang Sule gimana?' Belum ada (uang gantinya)," ucap Dede Sunandar.

"Iya gue tahu," celetuk Sule.

Sule saat itu dikatakan Dede sempat tak mau menerima surat rumah. Dede tak mau meminjam tanpa memberikan jaminan.

"Memang harus kerja keras, berusaha," ucap Dede Sunandar.

"Yang penting beresin yang lain dulu. Gue mah gampang, mau panjang terserah," sambung Sule.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait