10 Respons Terbaik Hadapi Tuduhan Selingkuh yang Tidak Benar

Alam Mary | 7 Mei 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Marah adalah reaksi alami pertama pada seseorang yang dituduh selingkuh. Benar selingkuh atau tidak, hampir pasti akan marah. Terlebih jika yang melontarkan tuduhan adalah pasangan sendiri, seseorang yang seharusnya memiliki rasa percaya.

Namun jika memang tidak melakukannya, respons terbaik harus dapat diperlihatkan. Karena tuduhan selingkuh yang tidak benar tidak wajib diluruskan. Di luar alasan untuk meyakinkan pasangan, pembuktian tidak berselingkuh juga penting demi terjaganya nama baik dan kehormatan diri.

Melansir Your Tango, berikut 10 respons terbaik yang harus dilakukan sejak awal pasangan menuduh Anda berselingkuh.

1. Tahan bicara Anda sampai mereka tenang

Dalam keadaan emosi yang tinggi, omongan apapun dari mulut Anda akan percuma. Diamkan dulu, tunggu dia menyelesaikan ledakan marahnya dan menjadi lebih tenang.

2. Ajukan pertanyaan

Setelah dia terlihat tenang, giliran Anda mulai berbicara. Awali dengan pertanyaan "Kenapa kamu bisa menuduh aku selingkuh?" Pastikan tenang dan tanpa nada marah.

3. Pahami alasannya

Usahakan tidak memasukkan apapun perkataannya ke dalam perasaan. Pahami bahwa memang itulah yang sejujurnya pasangan pikirkan dan terima itu.

4. Dengarkan perasaannya, namun jangan bereaksi pada perilakunya

Saat mendengarkan penuturannya, jaga emosi Anda tetap stabil. Walaupun mungkin terasa mengesalkan dan memancing amarah Anda, tetap jangan melakukan apapun yang akan disesali nantinya.

5. Ajak pasangan untuk berbagi perasaan dan mengungkapkan kecemasannya

Setelah mendapatkan jawaban perihal asal muasal tuduhan selingkuh, coba ajak pasangan untuk mencurahkan kegelisahannya lebih jauh lagi. Ambil ini sebagai momentum berbicara dari hati ke hati yang mungkin memang jarang Anda berdua lakukan.

6. Terima perasaan mereka

Sekali lagi, terima apapun perkataan mereka. Ingatlah bahwa dia yang ada di hadapan Anda adalah seseorang yang Anda cintai, yang Anda terima segala kurang dan lebihnya.

7. Ungkapkan kebenarannya

Biasanya, setelah sesi curhat yang panjang, seseorang akan memiliki pikiran yang lebih jernih. Ini kesempatan Anda untuk mengungkap faktanya. Jangan berbelit-belit, tuturkan secara jelas, apa adanya, tanpa bumbu apapun.

8. Pastikan pasangan tahu, bahwa Anda keberatan dituduh selingkuh

Lanjutkan dengan mengungkapkan keberatan Anda dituduh selingkuh. Katakan jika Anda sedih dan kecewa dengan tuduhannya.

9. Tutup dengan juga berbagi perasaan

Saat pasangan sudah fokus mendengarkan, giliran Anda yang berbagi perasaan. Ungkapkan jika memang ada ganjalan, jika ada keinginan atau harapan, dan lain-lain. Biarkan Anda dan dia saling terbuka dan saling memahami lebih jauh.

10. Terima perasaan pasangan, tapi tidak untuk perilakunya 

Setelah semuanya benar-benar jelas, semua emosi sudah mereda, tidak lagi ada pertanyaan yang mengganjal, maka ikhlaskan semua yang terjadi. Akan tetapi, jika menuduh selingkuh kemudian menjadi kebiasaan yang berulang dari pasangan, Anda dapat mengambil sikap yang lebih tegas. Bagaimanapun kebiasaan menuduh selingkuh adalah kebiasaan buruk yang menyakitkan dan tidak diperbolehkan.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait