Bazaar Wastra hingga Fashion Show, KAWFEST 2024 Digelar 25-28 April 2024 di Sarinah Thamrin

Ari Kurniawan | 27 April 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kelana Wastra Fashion Festival 2024 atau KAWFEST 2024 resmi dibuka pada Kamis (25/4). Acara tersebut diresmikan langsung oleh Loto Srinaita Ginting selaku Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Arya Sinulingga selaku Staf Khusus III Menteri BUMN, Liza Thohir selaku Ketua Bidang Pendanaan DEKRANAS, Reni Yanita Sekretaris Jenderal Dekranas, serta Tina T. Kemala Intan selaku Direktur Sumber Daya Manusia PT Pupuk Indonesia (Persero) mewakili BUMN Penyelenggara.

KAWFEST 2024 yang berlangsung pada 25-28 April 2024 di Sarinah Thamrin, Jakarta, ini
menggabungkan keindahan kain tradisional Indonesia yang menjadi warisan budaya nusantara dengan kreativitas modern dalam industri fesyen. Melalui KAWFEST 2024, pengunjung dapat mengikuti berbagai rangkaian acara, di antaranya Bazaar Wastra Market, Wastra Trunk Show, Talkshow Bincang Wastra, dan menyaksikan peragaan busana dari hasil School Fashion Design Competition.

Di dalam sambutannya, Loto Srinaita Ginting menyampaikan bahwa KAWFEST 2024 merupakan bentuk perhatian dan kontribusi Kementerian BUMN beserta BUMN dalam melestarikan dan meningkatkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda atas kain tradisional Indonesia.

“KAWFEST juga diharapkan dapat mendukung perkembangan industri kreatif dalam bidang fashion, mendukung regenerasi desainer fesyen wastra nusantara, dan memperluas pasar fashion wastra nusantara termasuk wastra nusantara karya perajin binaan BUMN," ujarnya.

Lebih lanjut, Loto menyampaikan KAWFEST 2024 terlaksana berkat kolaborasi dari Kementerian BUMN bersama dengan Dekranas serta didukung oleh enam perusahaan BUMN, yaitu PT Pupuk Indonesia, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel),
PT Sarinah, PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), dan PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo).

“Jadi, pada 2024 ini, memang untuk pertama kalinya event kolaborasi ini mendukung secara khusus industri kreatif fesyen. Kolaborasi memang sudah dilaksanakan sejak 2023 dimana kami sudah mencoba memperluas pasar UMKM yang memang termasuk tantangan besar dari UMKM khususnya UMKM binaan BUMN melihat pasar yang sangat terbatas dan dukungan
yang mereka butuhkan,” jelasnya.

Sementara itu, Liza Thohir menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari perhatian DEKRANAS, sebagai organisasi yang menghimpun pencinta dan peminat seni, dalam upaya untuk melindungi dan mengembangkan produk dan usaha kerajinan, serta meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya.

“Hal ini juga sejalan dengan Tema Peringatan HUT DEKRANAS ke-44 pada tahun 2024, yaitu 'Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa' dengan harapan seiring bertambahnya usia DEKRANAS, pelaku produk kriya dan wastra nusantara binaan DEKRANAS akan terus bertumbuh dan bersama-sama memajukan dan melestarikan warisan bangsa," paparnya.

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, kegiatan KAWFEST 2024 ini merupakan bukti bahwa BUMN sangat mencintai UMKM. Selain acara ini, dukungan BUMN Terhadap UMKM juga ditunjukkan melalui Rumah-Rumah BUMN yang tersebar di kota-kota di Indonesia, bahkan sudah ada juga CEO dan CFO yang khusus untuk menangani Rumah
BUMN beserta UMKM binaannya disana.

“Saat ini lebih dari 250 Rumah BUMN yang tersebar di Kota-Kota di Indonesia. Selain itu,
BUMN juga sudah membina lebih dari 660 ribu UMKM, ada binaan Pertamina, Telkom, BRI, PLN dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, selain ada 13 kegiatan pameran KAWFEST di tahun 2024 ini, akan ada festival-festival lain yang mendukung pengembangan UMKM seperti Festival
Karya Nyata di Pekanbaru yang akan dilaksanakan pada bulan April ni, lalu bulan depan ada lagi di Aceh, jadi memang BUMN ini isinya dukungan terhadap UMKM saja yang merupakan bukti komitmen Pak Menteri BUMN, Erick Thohir terhadap UMKM, semoga apa yang dilakukan BUMN ini dapat semakin mendukung pengembangan UMKM di Indonesia,” tandas Arya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait