Hari Film Nasional, BPI Gelar Pemutaran Khusus Film Lafran

Ari Kurniawan | 1 April 2024 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menyambut Hari Film Nasional 2024 yang jatuh pada 30 Maret, Badan Perfilman Indonesia (BPI) bekerja sama dengan Arief Rosyid selaku produser eksekutif film menyelenggarakan acara nonton bareng film "Lafran".

Acara digelar di XXI Epicentrum, Kuningan. Jakarta Selatan, Minggu (31/3). Ketua Umum BPI, Gunawan Paggaru, mengatakan kegiatan nobar tersebut digelar sebagai upaya peningkatan minat masyarakat untuk menonton film lokal.

"Film Indonesia telah berhasil mengambil tempat di hati masyarakat dengan peningkatan tajam jumiah penonton, setelah industri film dihantam oleh pandemi covid beberapa tahun sebelumnya. Nobar adalah sebagai salah satu upaya pemulihan," ujarnya di sela acara.

Pada kesempatan yang sama, Celerina Judisari selaku Panitia Pelaksana HFN-BPI mengatakan acara ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi nyata kegiatan yang melibatkan pelaku industri.

Film Lafran sendiri dipilih karena dianggap memiliki banyak pesan positif, terutama dalam hal kebangsaan dan nasionalisme.

"Banyak sineas ingin merayakan HFN dengan memberikan makna yang kuat. Film Lafran adalah salah satu film yang memberikan semangat kebangsaan, sesuai dengan perjalanan tokohnya," kata Celerina.

"Film ini dapat menarik penonton baru, yang bahkan belum pernah atau tidak sering ke bioskop," tambahnya.

Film Lafran menceritakan kisah Lafran Pane, pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang memiliki jiwa kebangsaan sejak mash kecil. Film yang disutradari oleh Faozan Rizal dan diproduseri oleh Avesina Soebli serta Deden Ridwan ini belum dirilis secara formal.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait