10 Tanda Mertua Toksik yang Harus Diketahui Menantu Perempuan

Binsar Hutapea | 31 Mei 2024 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hubungan ibu mertua dengan menantu perempuannya bervariasi. Ada yang istimewa, ada juga yang toksik atau beracun. 

Perilaku buruk ibu mertua umumnya berasal dari perspektif mereka yang melihat menantunya sebagai pesaing dalam keluarga. Jika Anda kesulitan menyenangkan ibu mertua atau mencoba untuk cocok dengannya, mungkin karena sikap negatifnya terhadap Anda. 

Seperti hubungan toksik lainnya, ibu mertua yang beracun sulit untuk ditangani. Misi utamanya adalah menyebarkan drama dan berselisih dengan menantu perempuannya. Ketidakmampuannya untuk menerima dan mengagumi pasangan anak dengan penuh kasih adalah yang membuat ibu mertua menjadi beracun. Dia akan menggunakan berbagai alat umum untuk menyebarkan negativitas dan mengendalikan pernikahan. Mulai dari sangat kritis dan manipulatif hingga campur tangan dalam kehidupan pasangan, dia dengan sengaja menyebabkan ketidaknyamanan dan ketidakharmonisan dalam keluarga. 

Ada beberapa tanda-tanda ibu mertua beracun yang menantu perempuan harus tahu. Inilah daftarnya:

1. Selalu kritis terhadap pilihan Anda
Jika ibu mertua Anda terus-menerus memberikan komentar negatif tentang gagasan, keyakinan, dan kebiasaan keluarga Anda, itu menunjukkan bahwa dia tidak sepenuhnya menyetujui Anda atau menerima Anda sebagai bagian dari keluarga dan mencoba mengendalikan hidup Anda. Dia mungkin juga mengkritik gaya pengasuhan Anda dan ikut campur dalam urusan keluarga Anda.

2. Ikut campur dalam pengambilan keputusan Anda
Hal yang sering dilakukan ibu mertua yang negatif adalah ikut campur dalam urusan keluarga pribadi Anda. Keterampilan mengasuh Anda, manajemen rumah Anda, atau topik terkait gaya hidup apa pun bisa menjadi pertanyaan darinya. Ada juga saat-saat ketika dia memberikan komentar tentang profesi Anda dan menganggap Anda tidak layak menjadi pasangan anaknya. Tidak akan terus menerus tidak menyetujui yang Anda lakukan, tetapi juga memberi Anda pelajaran tentang cara melakukan sesuatu dengan benar. Ketika tidak menuruti kemauannya, dia juga akan membuat Anda merasa bersalah.

3. Menunjukkan rasa benci terhadap Anda
Mertua yang buruk akan menjaga jarak dari Anda dan bersikap acuh tak acuh. Dia selalu tidak ramah, tidak pernah menelepon atau repot-repot mengecek kondisi Anda dan mempertahankan aura dingin di sekitar Anda. Jika Anda meminta sesuatu padanya dan sekadar meminta saran, dia mungkin tidak akan merespons atau terdengar tidak berminat. Dia juga mungkin secara langsung atau tidak langsung menyatakan ketidaksukaannya terhadap Anda dan tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mengingatkan kesalahan masa lalu Anda dan menyimpan dendam. Perilaku seperti itu hampir membuatnya tidak mungkin untuk menjadi bagian dari keluarga dan menciptakan hubungan rumah tangga yang bahagia.

4. Dia merendahkan ras atau budaya Anda
Apakah ibu mertua Anda membuat lelucon buruk tentang ras atau budaya Anda? Jika ya, itu adalah tanda besar bahwa dia beracun dan tidak menyetujui Anda. Ketika dua ras, budaya, etnisitas, atau agama yang berbeda bersatu, wajar jika tidak semua orang dengan mudah menyatu atau menunjukkan keterkaitan. Namun, jika seseorang terus-menerus membuat lelucon atau terdengar lebih unggul dan acuh tak acuh, itu menjadi beracun. Alih-alih inklusif, seorang ibu mertua yang beracun akan memberi Anda masalah karena berbeda dengan mereka. Dia mungkin mengkritik kebiasaan atau makanan Anda dan kadang-kadang bahkan penampilan Anda. Ada juga kasus ketika perilaku beracunnya ditujukan kepada anggota keluarga Anda.

5. Dia bersaing dengan hubungan Anda dengan Pasangan
Jika ibu mertua Anda terus-menerus mencoba untuk ikut campur dalam keluarga Anda atau merusak ikatan pernikahan Anda, itu menunjukkan bahwa dia mungkin iri terhadap kedekatan Anda. Sulit bagi beberapa ibu untuk membiarkan putra mereka memulai kehidupan baru dengan pasangan mereka. Untuk menciptakan masalah, dia mungkin terus-menerus membandingkan dirinya dengan Anda. 

Misalnya, dia mungkin berkomentar tentang bagaimana anaknya lebih suka makanan yang dia masak daripada Anda atau bagaimana dia lebih mengenal preferensi anaknya daripada Anda. Dia juga tidak akan ragu untuk mengatakan hal-hal seperti, “Anakku lebih sehat dan lebih bahagia sebelum kamu datang.” Dia akan selalu menemukan kesalahan pada Anda dan menunjukkan kekurangan Anda kepada anaknya.

6. Bersikap pasif-agresif
Seringkali, sulit untuk memperhatikan pola perilaku seorang ibu mertua yang pasif-agresif. Bersikap pasif-agresif dan secara tidak langsung menghadapi perasaan negatif adalah ciri khas ibu mertua yang buruk. Dia juga mungkin menggunakan perilaku pasif-agresif sebagai alat untuk menghindari Anda dan tidak berbicara langsung kepada Anda. Membuat hambatan komunikasi, menjadi sinis, dan memanfaatkan kebaikan adalah ciri klasik dari seorang ibu mertua yang negatif.

7. Memanipulasi pasangan Anda
Dia mungkin akan menggambarkan Anda secara salah. Tidak terlalu sulit bagi seorang ibu untuk membujuk atau memengaruhi anaknya. Jadi memanipulasi anaknya adalah hal mudah. Memanipulasi pasangan adalah trik utama mertua beracun untuk mengasingkan Anda.

8. Narsistik
Ciri khas seorang ibu mertua yang manipulatif adalah narsisme, yang cukup menyebalkan untuk ditangani. Dia akan selalu berperilaku seolah-olah dia yang terbaik dan Anda tidak ada apa-apanya di matanya. Selain itu, ibu mertua yang narsistik mungkin juga selalu membuat Anda merasa diawasi dengan mengintip kehidupan sehari-hari Anda. Kebutuhan konstan seorang narsis untuk pengagungan diri menyebabkan pelecehan emosional terhadap orang lain. Jika ibu mertua Anda mengesampingkan Anda dan memperlakukan Anda sebagai rendahan, ingatlah bahwa itu adalah proyeksi dari ketidakamanan dirinya sendiri.

9. Menggosip tentang Anda
Sebagai bagian dari skema manipulasinya, seorang ibu mertua yang mengendalikan akan menggosip tentang Anda kepada semua orang, termasuk teman dan keluarga selama pertemuan keluarga. Ini adalah cara liciknya untuk menyebarkan versi negatif tentang Anda, yang membuat Anda terisolasi dan tidak bahagia.

10. Sulit dipuaskan
Tidak ada yang bisa membuat orang beracun bahagia, dan ibu mertua tidak terkecuali. Tidak peduli seberapa besar usaha yang Anda lakukan, dia tidak akan pernah bahagia, dan juga akan memastikan untuk menunjukkan sikap tidak peduli terhadap segala hal yang Anda lakukan untuknya. Hal ini karena dia tidak memiliki ruang untuk cinta dan kehangatan bagi Anda. Dia akan selalu mencari kesalahan Abda. Dia juga akan tetap bersifat menghakimi dan menyebabkan drama yang mengganggu di sekitar Anda — jika ini adalah tanda-tanda yang Anda hadapi, ketahuilah bahwa ibu mertua Anda beracun.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait