Anniesa Desvitasari Sukses Bisnis Travel dengan Omzet 40 Juta Dolar AS Per Tahun

Wayan Diananto | 21 Maret 2015 | 09:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Andika, suami Anniesa Desvitasari Hasibuan, pemilik PT First Anugerah Karya Wisata yang mengkhususkan diri untuk perjalanan umrah dan haji, mulanya karyawan minimarket dengan gaji 50 ribu rupiah per hari selama dua tahun. 

Dua tahun berikutnya, ia melamar kerja di sebuah bank swasta. Saat itulah, ayah Anniesa meninggal. Tidak ada sosok yang bisa menanggung kelangsungan hidup keluarga istri kala itu. Andika yang notabene kariernya belum stabil terpaksa menggantikan posisi mertua. Andika berpikir seandainya itu tak terjadi, mungkin ia tetap menjadi karyawan dan Anniesa menjadi mahasiswi pada umumnya. 
    
"Itulah seninya hidup. Kalau tragedi itu tidak terjadi, saya tidak akan berwiraswasta. Biasanya, dalam kondisi yang sangat genting, manusia akan mengeluarkan kemampuan yang tidak terduga," aku Andika. "Saya berjiwa marketing. Suami dikaruniai kemampuan manajerial yang baik. Tidak ada yang menduga bahwa kami menjadi kombinasi yang menghasilkan," Anniesa menambahkan.
    
Dimulai dengan metode promosi konvensional yakni mencari nomor telepon perusahaan lewat buku Yellow Pages. Anniesa menghubungi perusahaan satu demi satu untuk minta waktu agar diizinkan melakukan presentasi tentang First Travel, meski hanya 10 atau 15 menit. Ada yang menerima Anniesa dengan ramah. Ada yang menolak dengan ketus via telepon. Bahkan pernah diusir karena pakaian yang dikenakannya (dinilai) tidak sesuai "standar" perusahaan yang akan didatangi. 
    
Kunci keberhasilan itu semangat untuk terus mencoba. Kini, First Travel berkembang menjadi biro perjalanan umrah dengan omzet mencapai 40 juta dolar AS per setahun. Fakta itu terungkap saat Anniesa dan suami memperkenalkan logo baru First Travel di Hotel Ritz Carlton Jakarta, bulan lalu.
    
Dalam dua bulan pertama pada 2015 telah memberangkatkan 13 ribu jemaah umrah. Anniesa dan suaminya menargetkan menerbangkan 35 ribu orang ke Tanah Suci. Tahun lalu, First Travel meraih Business & Company Winner Award 2014 untuk kategori The Most Trusted Tour & Travel. 
    
Inilah bukti hasil tak akan tega mengkhianati usaha keras dan doa. Di luar First Travel, Anniesa tengah meretas lini busana muslim Anniesa Fashion. "Pada 19 Maret nanti saya memamerkan sebelas koleksi terbaru di ajang Women's Growth and Success Foundation di London. Target tahun ini, insya Allah membuka cabang di tiap kota di Indonesia. Di luar negeri, kami telah buka kantor representatif di London," beri tahu Anniesa. 

(wyn/adm)

Penulis : Wayan Diananto
Editor : Wayan Diananto