RESENSI FILM My Annoying Brother, Cerita Kakak Beradik yang Berusaha Akur Satu Sama Lain

Andira Putri | 20 Desember 2016 | 17:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Go Doo Shik (Jo Jung Suk) adalah seorang penipu yang kini mendekam di penjara. Ia berusaha keluar dari penjara dengan memanfaatkan kondisi adik tirinya, Go Doo Young (D.O. 'EXO'). Go Doo Young adalah mantan atlet judo yang menderita cedera kepala dan menjadi buta.

Go Doo Shik memohon kepada petugas penjara agar ia bisa bebas demi merawat Go Doo Young. Petugas penjara termakan kelihaian Go Doo Shik berbohong. Mereka setuju membebaskannya secara bersyarat hanya untuk setahun. Setelah bebas, Go Doo Shik akhirnya tinggal bersama Go Doo Young. Namun, hubungan mereka memang sebenarnya tidak akur satu sama lain.

Go Doo Shik tidak pernah peduli dengan kondisi Go Doo Young. Bukannya merawat, ia justru sibuk mencari cara mengambil kekayaan orangtua mereka yang sudah meninggal. Sementara Go Doo Young bersikap dingin kepada Go Doo Shik. Ia merasa kakak tirinya menambah masalah baru dalam kehidupannya setelah kehilangan penglihatan.

Hubungan kakak beradik yang berantakan ini membuat Lee Soo Hyun (Park Shin Hye), pelatih judo Go Doo Young, prihatin. Ia berusaha mendamaikan mereka berdua. Lee Soo Hyun juga ingin mengembalikan semangat olahraga Go Doo Young.

Perlahan, sikap Go Doo Shik dan Go Doo Young berubah. Go Doo Shik mulai membantu Go Doo Young dimana sikap sang adik akhirnya ikut melunak. Hubungan mereka kembali hangat. Sayang, ada sebuah kejadian yang mengancam kebersamaan kakak beradik ini.

Jalinan cerita My Annoying Brother tidak menawarkan sesuatu yang baru. Kisahnya khas film Korea Selatan bergenre drama pada umumnya. Ada unsur kehangatan keluarga, perjuangan bangkit kembali hingga kehadiran kondisi kesehatan mematikan. Meski jalan ceritanya klasik, My Annoying Brother tidak lantas jadi membosankan. Penulis skenario Yoo Young Ah piawai menampilkan bumbu komedi yang kerap membuat penonton tertawa hingga terbahak-bahak. Mirip seperti formula yang dulu Yoo Young Ah lakukan lewat film Miracle in Cell No. 7.

My Annoying Brother juga didukung oleh akting kuat jajaran pemainnya. Jo Jung Suk menjadi bintang paling bersinar di film ini. Aktingnya sebagai Go Doo Shik yang penuh percaya diri dan mudah jengkel terasa natural. Jo Jung Suk juga sukses memainkan emosi penonton. Ada kalanya penonton dibuat tertawa geli lewat aksi kocaknya. Namun, ada saat dimana penonton justru berurai air mata saat Jo Jung Suk melakukan adegan emosional.

Akting natural Jo Jung Suk bisa diimbangi D.O. 'EXO'. D.O. 'EXO' mampu membawakan peran menantang sebagai laki-laki buta. Chemistry Jo Jung Suk dan D.O. 'EXO' juga terasa realistis. Kepedulian dan kehangatan antara satu sama lain terasa seperti kakak beradik sungguhan. Ini ditambah dengan kemiripan muka keduanya. Sayang, karakter Park Shin Hye kurang dieksplorasi dan terasa seperti pemanis saja.

(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor : Andira Putri