Ayu Azhari Bawa Kain Tenun NTT ke Berbagai Pameran di Mancanegara

Supriyanto | 28 Maret 2021 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selain dikenal sebagai artis, Ayu Azhari juga aktif di beberapa kegiatan sosial dan budaya. Kabar terbaru, istri Mike Tramp itu mempromosikan kain tenun asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ayu Azhari mengatakan, Indonesia kaya akan seni dan budaya. Wanita berusia 52 tahun itu ingin mengenalkan kain tenun tersebut hingga ke berbagai pameran budaya bergengsi di Eropa.

"Ini bentuk kepedulian saya soal tenun. Saya mempromosikan sampai mancanegara, salah satunya dalam tur dan diplomasi budaya ke London," kata Ayu Azhari dalam webinar Exotic Tenun Fest 2021, belum lama ini.

Ayu Ting Ting menyebut, NTT kini telah menjadi pusat peradaban tenun Indonesia. Karena itu, kakak kandung Sarah Azhari itu meminta pemerintah mendorong kualitas produk agar bisa bersaing di pasar global.

"Tujuannya agar bisa bersaing dalam ekspor ke mancanegara dengan mengutamakan kekuatan adat dan budaya yang tercermin dari produk tenunan itu," ucap Ayu Azhari.

Kegiatan Ayu Azhari untuk mengenalkan kain tenun NTT didukung oleh istri Gubernur NTT Victor Laiskodat, Julie Sutrisno Laisodat dan Ricky perwakilan Bank Indonesia.

Julie Sutrisno Laiskodat mengaku bangga bisa mempromosikan kain tenun tradisioanl NTT hingga Eropa dan Amerika.

"Dia (Julie) juga mengaku senang saat Presiden Jokowi Widodo mengenakan tenun NTT dalam kegiatan kenegaraan. Itu kebanggaan bagi perajin tenun tradisional dan masyarakat NTT," pungkas Ayu Azhari.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait