Arya Saloka Masuk 2 Nominasi di Indonesian Television Awards 2022

Ari Kurniawan | 1 September 2022 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ajang penghargaan untuk para insan pertelevisian, Indonesian Television Awards (ITA), akan kembali hadir. Malam Puncak ITA 2022 berlangsung pada 22 September 2022, disiarkan langsung RCTI dan GTV mulai pukul 17.30 WIB, dari Studio RCTI+, Jakarta.

ITA tahun ini merupakan gelaran ketujuh kalinya dengan menghadirkan 14 kategori penghargaan yang terdiri dari 9 kategori program televisi dan 4 kategori individu. Sedangkan satu kategori lainnya adalah penghargaan spesial, yang mana pemenangnya akan langsung terpilih berdasarkan hasil survey Roy Morgan Research. Pemenang dari 13 kategori (program televisi dan individu) terpilih berdasarkan hasil voting masyarakat yang dibuka mulai 29 Agustus hingga 18 September 2022 pukul 00.00 WIB. Voting bisa dilakukan melalui aplikasi RCTI+ dan media sosial Instagram serta Facebook Indonesian Television Awards.

“Sekarang ini, industri penyiaran khususnya televisi di Indonesia, tetap terjaga eksistensinya untuk terus menghibur masyarakat yang mencapai seluruh belahan penjuru Nusantara. Oleh karena itu, RCTI selalu berkomitmen untuk mendukung program penghargaan seperti halnya ITA 2022, sebagai bentuk apresiasi bagi para pihak dibalik terciptanya program-program hiburan yang tayang di televisi. Semoga ITA 2022 bisa menjadi penyemangat bagi seluruh insan pertelevisian untuk terus menghasilkan kreativitas ataupun program terbaik,” kata Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI.

Tahun lalu, beberapa program serta nama aktor dan aktris besar keluar sebagai pemenang. Seperti Arya Saloka yang menjadi Aktor Sinetron Terpopuler dalam perannya di sinetron Ikatan CInta (RCTI). Ada juga Ruben Onsu yang meraih Pembawa Acara Televisi Terpopuler. Sementara Program Primetime Drama Terpopuler diraih Ikatan Cinta dan Program Primetime Non-Drama Terpopuler direbut Lapor Pak! (Trans7). Selama setahun terakhir tentu banyak program yang menarik perhatian pemirsa, sehingga akan bersaing ketat meraih penghargaan Indonesia Television Awards tahun ini!

Seluruh nomine yang terdapat dalam 14 kategori ITA 2022, merupakan hasil survei dari tim Roy Morgan Research sebagai lembaga survei independen yang berasal Australia, dan sudah berada di Indonesia sejak 2004. Roy Morgan Research melakukan survei dengan melibatkan responden dari 28 kota yang berada di 17 propinsi Indonesia. Roy Morgan Research menjalani survei dengan mendatangi langsung para pemirsa televisi namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Survei yang dilakukan Roy Morgan Research adalah untuk mengetahui program televisi apa yang menjadi populer di tengah masyarakat, berdasarkan acara terpopuler yang secara spontan disebut oleh responden. Namun begitu, program-program yang masuk nomine ITA 2022 dibatasi secara periode penayangannya, yaitu program yang tayang dari 1 Agustus 2021 sampai dengan 31 Juli 2022.

“Survei yang kita lakukan untuk ITA 2022, secara keseluruhan sebetulnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Contohnya, kita (Roy Morgan Research) tetap mengambil sample dengan cara mendatangi rumah-rumah para pemerisa televisi dan melakukan wawancara untuk mengetahui program yang paling disukai dan terfavorit untuk masing-masing kategori. Dari hasil survei tersebut, keluar data para nominasi Indonesian Television Awards 2022,” kata Ira Soekirman selaku Direktur Utama Roy Morgan Research.

Bagi pemirsa televisi yang ingin memilih nomine favoritnya, bisa melalui aplikasi RCTI+, atau media sosial Instagram (@indonesiantvawards) serta Facebook (Indonesian TV Awards). Periode voting dibuka mulai 29 Agustus hingga 18 September 2022 pukul 00.00 WIB. Perhitungan serta analisa voting di media sosial, akan dilakukan oleh konsultan strategis berbasis data, yakni Provetic, untuk menjaga akurasi perhitungan dan validasi data pemilih. Setelah itu hasil voting akan diverifikasi oleh auditor independen, dan hasilnya akan diumumkan pada acara Malam Puncak Indonesian Television Awards 2022.

“Pengguna media sosial pada zaman sekarang ini terus mengalami peningkatan, dan RCTI sendiri sebagai televisi swasta pertama di Indonesia sudah beberapa kali melakukan kolaborasi antara dunia pertelevisian dengan sosial media, khususnya dalam program ajang penghargaan seperti ITA 2022. Oleh karena itu, di ITA 2022, dapat memperlihatkan bahwa televisi dan sosial media dapat berjalan beriringan serta saling mendukung,” ucap Iwan Setyawan selaku Direktur Utama Provetic.

Ruben Onsu sebagai nomine yang masuk dalam 7 kategori ITA 2022 mengatakan “Semua nominasi hebat-hebat, nominasi presenter juga hebat-hebat. Buat saya di sini bukan siapa menjadi pemenangnya, tapi sebuah apresiasi masuk nominasi buat saya itu juga udah luar biasa karna bekerja setiap hari dari pagi sampai malem dan fokus menjadi pembawa acara buat saya ini sebuah apresiasi untuk saya pribadi sebagai pembawa acara. Jadi ya seneng dan semuanya tidak ada saingan.” 

Arya Saloka tahun ini kembali masuk di dua kategori sekaligus di ITA 2022. Arya merasa senang karena masih diberi kepercayaan untuk bisa kembali masuk dalam nominasi. “Yang pasti seneng Alhamdulillah masih dipercayakan untuk bisa masuk ke dalam nominasi, karna kan yang masuk nominasi itu pasti orang-orang pilihan semua dan pastinya hebat-hebat semua. Jadi ada bangganya, pasti bangga bersyukur. Karna banyak yang pengen masuk pasti, maksudnya bisa dapet kesempatan ini kan ngga mudah juga.”


 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait