Mengenal Tungau yang Menyebalkan dan Cara Mengatasinya

Redaksi | 8 Oktober 2022 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tungau adalah mahluk  mikroorganisme yang hidup dan berkembangbiak di tempat hangat dan lembab seperti soft furniture. Meski tidak berbahaya secara medis, namun gatal dan iritasi pada kulit akibat gigitan tungau bisa sangat mengganggu aktivitas maupun penampilan seseorang.

Bahkan tanpa disadari, tungau bisa menimbulkan reaksi alergi pada anak berupa iritasi pada kulit seperti gatal dan ruam. Dari penelitian, kotoran tungau mengandung alergen, atau zat pemicu alergi, yang pada beberapa kasus dapat memicu gangguan pernapasan pada anak seperti asma, gejala sesak napas, nyeri dada, hingga batuk.

Berdasarkan banyaknya spesies tungau yang ada, gejala akibat gigitan tungau pun bisa beragam. Sarcoptes scabiei, tungau debu rumahan, dan Demodex adalah jenis tungau yang paling umum dijumpai melekat dan mengiritasi kulit di beberapa bagian tubuh.

Beberapa jenis tungau lain, seperti tungau burung, tungau tikus, tungau babi, dan tungau jerami, juga diketahui dapat melekat pada kulit dan gigitannya dapat menimbulkan gatal serta iritasi, atau sekadar menyebabkan kulit kering.

Ada dua teknologi yang dipercaya dapat meminimalisir keberadaan debu dan tungau.

Pertama HypoAllergenic, atau yang dikenal sebagai sistem separator serta memiliki daya hisap lebih dari 20 ribu rpm yang mampu memisahkan udara, partikel debu, dan tungau yang terhisap dengan pengisolasian 99,99 persen partikel dalam media air.

"Dengan begitu, tidak akan beterbangan ke udara dan 100 persen kering serta bebas bahan kimia," ujar Pratiwi Halim, Pendiri HydroClean dalam jumpa pers virtual, bary-baru ini.

Kedua MicroTech-Ray, yakni teknologi penyinaran ultra violet (UV) dan pelepasan gas ozon yang dapat mematikan kuman dan bakteri penyebab penyakit yang ada di udara.

Dua teknologi yang diklaim bisa meminimalisir perkembangbiakan tungau tersebut diaplikasikan ke dalam mesin vacuum HydroClean.

Pratiwi menyebutkan, selama ini masih banyak konsumen yang belum menyadari akan pentingnya kebersihan soft furniture dan bahaya tungau bagi kesehatan, khususnya anak, yang dapat memicu alergi dan berbagai komplikasi.

"Untuk itu penting sekali untuk menjaga kesehatan keluarga, terutama anak, serta dan melindunginya dari paparan penyakit, saat berada di rumah," jelas Pratiwi Halim.

“Kekuatan utama HydroClean dari sisi people development. Kami percaya tim kami yang berada di garda depan bertemu dengan pelanggan setiap harinya adalah wajah dari HydroClean. Kenyamanan dan keamanan pelanggan serta tim kami akan selalu menjadi prioritas utama sejak awal HydroClean beroperasi," pungkas Pratiwi Halim.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait