5 Kebiasaan Malam Hari yang Bisa Membuat Berat Badan Naik

Siti Adisya Kirana | 9 Desember 2023 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak kebiasaan malam hari yang rupanya dapat menyebabkan penambahan berat badan. Tidak dapat disangkal bahwa banyak kebiasaan yang sering kita lakukan namun sulit untuk dihilangkan, salah satunya seperti tidur terlalu malam.

Menurut National Institutes of Health, makan disaat anda kurang aktif dalam beraktivitas, seperti di malam hari dapat menyebabkan obesitas dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Beberapa kebiasaan ini tidak hanya membuat anda gemuk, tapi juga menyebabkan banyak penyakit metabolisme.

Apa saja kebiasaan di malam hari yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk?

1.Ngemil di Malam Hari

Ngemil merupakan salah satu kebiasaan malam hari yang membuat berat badan bertambah.  Hal ini terutama berlaku pada camilan berkalori tinggi seperti keripik, martabak dan lain-lain.

Namun, meski kita mengkonsumsi cemilan sehat seperti buah dan sayur, porsi yang dimakan harus tetap diperhatikan. Hal ini dikarenakan kelebihan kalori pada makanan yang dimakan sebelum tidur dapat menyebabkan obesitas.

2.Kurang Tidur

Pola tidur yang tidak teratur merupakan salah satu penyebab bertambahnya berat badan. Hindari aktivitas-aktivitas yang memicu kebiasaan tidur terlalu malam, seperti menggunakan ponsel saat sudah berbaring di tempat tidur sehingga waktu tidur menjadi terganggu.

3.Berbaring Setelah Makan Malam

Banyak orang bermalas-malasan setelah makan malam. Hindari kebiasaan ini dan mulailah dengan berjalan-jalan santai sekitar 20 hingga 30 menit didalam rumah atau di sekitar rumah setelah makan malam.

Berjalan dapat membantu makanan tercerna dengan lebih baik sekaligus mendukung penurunan berat badan.

4. Konsumsi Alkohol

Minum segelas anggur merah atau wine pada malam hari dianggap dapat mengganggu waktu tidur. Karena wine terbuat dari buah anggur yang difermentasi sehingga mengandung banyak gula.

Tentu saja hal ini berdampak buruk bagi anda dan berisiko menambah berat badan. Selain itu, minum alkohol di malam hari dapat mempengaruhi kualitas tidur anda sehingga membuat anda sulit tidur nyenyak.

5. Makan Junk food Berlebihan

Faktanya, junk food kini telah menjadi salah satu bentuk makanan cepat saji yang sangat menggiurkan dan dijual dengan harga terjangkau.

Jika tubuh anda mengkonsumsi sangat sedikit makanan sehat, hal itu berakibat pada kesulitan memproses makanan yang anda makan. Sebab, asupan junk food berlebihan di malam hari bisa memicu penambahan berat badan pada tubuh. Tubuh sulit mengolah makanan yang masuk karena jarang memakan makanan yang sehat.Maka dari itu, mengkonsumsi junk food yang berlebihan pada malam hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada tubuh.

Itulah 5 kebiasaan yang kadang tidak disadari dapat menaikkan berat badan secara perlahan. Untuk itu, segala aktivitas dapat membuat berat badan tetap normal jika dilakukan dengan porsi yang cukup dan pas.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Siti Adisya Kirana
Berita Terkait