Lumat Luton Town, Manchester City Rebut Tahta Puncak Klasemen Liga Inggris dari Arsenal

Indra Kurniawan | 13 April 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Manchester City kembali memuncaki klasemen sementara Liga Inggris usai menaklukkan Luton Town dengan skor 5-1.

Menjamu Luton di Etihad Stadium pada Sabtu (13/4) malam, City seperti biasa bermain menyerang sejak menit awal pertandingan. 

Hasilnya, pada detik ke-66 City membuka keunggulan lewat gol bunuh diri pemain belakang asal Jepang Daiki Hashioka. 

City tak berhenti menyerang. Sebanyak 19 percobaan tembakan dilakukan pemain-pemain City, 6 di antaranya mengarah ke gawang Luton. Sedangkan Luton nihil. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Babak 2 bergulir 18 menit, City memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Kali ini gol dicetak oleh Mateo Kovacic, memanfaatkan umpan Julian Alvarez. 

Ini gol perdana Kovacic di liga bersama City sejak gabung pada Juni 2023 silam. Sebelumnya, gelandang asal Kroasia ini berseragam Chelsea dan Real Madrid.

Erling Haaland turut mencatatkan namanya di papan skor untuk kali ke-20 di liga pada musim ini usai membobol gawang Luton dari titik putih. 

City mendapat hadiah penalti usai Jeremy Doku dijatuhkan di kotak terlarang.  Doku sendiri turut menyumbang gol bagi City pada menit 87 lewat aksi impresifnya di sisi kanan pertahanan Luton.

Tidak puas dengan empat gol, Josko Gvardiol menutup kemenangan City dengan gol kelima yang dibuat pada menit 90+3'. Menerima umpan Doku, Gvardiol melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dengan akurat. 

Satu-satunya gol Luton dicetak oleh eks pemain Chelsea, Ross Barkley memanfaatkan kesalahan pemain belakang City yang gagal mengontrol bola di area pertahanan sendiri. 

Tambahan tiga poin mendongkrak posisi City ke puncak klasemen, menggeser Arsenal yang baru akan berlaga kontra Aston Villa esok malam.

City kini mengumpulkan 73 poin berbanding 71 poin milik Arsenal. Sementara Liverpool yang juga baru akan bertanding esok malam menghuni peringkat 3 dengan 71 poin. 

Kemenangan ini sekaligus menjadi modal penting bagi tim asuhan Pep Guardiola menghadapi Real Madrid pada Leg 2 Perempat Final Liga Champions tengah pekan depan. 

Pada Leg 1 di Santiago Bernabeu tengah pekan ini, City berhasil menahan imbang Madrid dengan skor 3-3. Semua gol City dicetak dari jarak jauh. 

Susunan pemain

Manchester City: Ederson, Rico Lewis, Ruben Dias, Manuel Akanji, Josko Gvardiol, Mateo Kovacic, Matheus Nunes, Julian Alvarez, Kevin De Bruyne, Jeremy Doku, Erling Haaland.

Luton Town: Thomas Kaminski, Alfie Doughty, Daiki Hashioka, Reece Burke, Luke Berry, Ross Barkley, Jordan Clark, Fred Onyedinma, Tahith Chong, Andros Townsend, Carlton Morris.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait