Bahaya Serangan Heat Stroke, Ini Gejala yang Perlu Diwaspadai

Alam Mary | 9 Juni 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Cuaca panas tinggi di India belum lama ini menyebabkan banyak orang terkena heat stroke atau sengatan panas. Kurang lebih 77 orang sampai meninggal dunia karena tidak mampu lagi bertahan di suhu udara setempat yang mencapai hingga lebih dari 50 derajat Celsius.

Tentu fenomena ini harus menjadi perhatian kita semua. Mengingat perubahan suhu di bumi yang belakangan ini semakin sulit diprediksi.

Ya, ketika seseorang terkena heat stroke, kemungkinan sampai terjadinya kematian cukup tinggi. Terutama bila penanganannya terlambat. Terlebih karena kebanyakan orang pun masih kesulitan mengenali gejala awal heat stroke itu sendiri.

Melansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa gejala awal heat stoke yang harus diwaspadai dan harus segera mendapatkan pertolongan pertama.

1. Suhu tubuh tinggi

Suhu tubuh yang mencapai 40 derajat Celsius atau lebih tinggi menjadi tanda utama seseorang positif terkena heat stroke. Gunakan termometer rektal (yang dimasukkan melalui dubur) untuk hasil paling akurat.

2. Terjadinya perubahan kondisi mental atau perilaku

Kebingungan, agitasi, bicara cadel, mudah tersinggung  mengigau, kejang, dan koma, semua bisa terjadi akibat heat stroke. 

3. Perubahan dalam berkeringat 

Pada kejadian heat stroke akibat cuaca panas, kulit akan terasa panas dan kering saat disentuh. Namun pada heat stroke yang disebabkan aktivitas fisik berat, kulit bisa jadi terasa kering atau sedikit lembap.

4. Mual dan muntah

Seseorang yang terserang heat stroke bisa jadi merasa mual atau muntah.

5. Kulit memerah

Kulit mungkin akan menjadi merah karena suhu tubuh yang meningkat drastis. 

6. Napas cepat 

Napas mungkin akan terdengar cepat dan pendek-pendek. 

7. Detak jantung berdebar kencang

Denyut nadi seseorang yang terkena heat stroke akan meningkat secara signifikan karena tekanan panas memberikan beban yang sangat besar pada jantung untuk membantu mendinginkan tubuh.

8. Sakit kepala

Kepala akan berdenyut-denyut dan tidak mereda.

Jika Anda mendapati seseorang atau mungkin merasa jika diri Anda sendiri mengalami gejala heat stroke, segera lakukan pertolongan pertama seperti berikut ini sebelum meminta bantuan medis. 

Segera masuk ke tempat teduh dan dingin. Bantu beristirahat dan lepaskan pakaian yang berlebih. Bantu penderita mendinginkan tubuhnya dengan cara apapun yang paling memungkinkan. Lap dengan spons basah, semprot menggunakan spray air, bawa berendam, atau basuh tubuh dengan air pancuran.

Nyalakan kipas atau pendingin ruangan, kompres kening, ketiak, leher, dan selangkangan dengan handuk basah. Jika gejala tidak membaik, segera bawa ke unit keselamatan terdekat.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait