100 UMKM Milik Disabilitas Dapat Pelatihan Khusus Berhadiah Rp 150 Juta

Supriyanto | 21 November 2023 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - 100 peserta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dikelola oleh penyandang disabilitas mengikuti program khusus pelatihan "Deliver Possibilities" untuk memberikan wawasan tentang dunia kewirausahaan dan UMKM serta tantangannya di industri.

Program Deliver Possibilities tersekenggara berkat hasil kolaborasi dari Yayasan Berdaya Menembus Batas dan J&T Express dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KEMENKOPUKM). 

Pelatihan Deliver Possibilities digelar selama enam hari, dari 30 Oktober hingga 4 November 2023, diikuti dengan sesi penjurian untuk menentukan 10 besar pada tanggal 13-14 November 2023.

Di dalam pelatihan tersebut, terdapat tujuh topik yang diberikan, yaitu pemasaran produk, adopsi teknologi, konten dan desain virtual, iklan digital, optimalisasi fitur pemasaran, logistik dasar, dan manajemen kas.

Setiap peserta melewati ujian atau post-test untuk setiap materi yang diajarkan, sambil diwajibkan menyusun proposal rencana bisnis yang akan dinilai oleh panel juri. 

Pada sesi penjurian pertama, 20 peserta dengan skor post-test tertinggi diuji lebih lanjut dengan pertanyaan mendalam dari para juri terkait proposal bisnis mereka. Pada hari kedua penjurian, dipilih 10 besar yang akan mempresentasikan rencana bisnis mereka.

Dalam sesi penjurian kedua, ditentukan peringkat yang akan menerima total hadiah senilai Rp150 juta dari J&T Express dalam bentuk pengadaan barang yang mendukung kelangsungan UMKM. Hadiah tersebut diberikan kepada 10 peserta terbaik untuk membantu pengembangan dan keberlangsungan usaha mereka.

“Dukungan penuh dari J&T Express dan KEMENKOPUKM sangat membantu kami dalam menyelenggarakan program ini. Kami berharap program ini memberikan kontribusi nyata bagi peserta dalam memajukan bisnis mereka di dunia kewirausahaan,” ujar Yesaya Rapha, Project Manager dari Menembus Batas dalam siaran pers yang diterima wartawan, belum lama ini.

Brand Manager J&T Express Herline Septia mengatakan, perusahaan mengapresiasi setiap UKM difabel yang telah mengikuti program Deliver Possibilities. Perusahaan percaya, setiap UKM memiliki keunggulannya masing-masing sehingga mereka berhasil menjalani proses seleksi hingga di titik akhir ini.

"Hasil program ini juga menjadi bukti bahwa UKM difabel Indonesia berdaya," tutup Herline Septia.

Penulis : Supriyanto
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait