Piala Dunia 2018: Ditahan Imbang Maroko, Spanyol Tetap Lolos

TEMPO | 26 Juni 2018 | 06:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Spanyol dan Timnas Portugal memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah sama-sama meraih hasil seri dalam laga terakhirnya di Grup B, Selasa dinihari WIB, 26 Juni 2018. Spanyol ditahan Maroko 2-2, sedangkan Portugal bermain 1-1 dengan Iran.

Spanyol lolos sebagai juara grup setelah meraih hasil seri lewat pertandingan yang berlangsung dramatis. Dua kali tertinggal, La Furia Roja bisa memastikan hasil seri lewat gol yang putusannya dipengaruhi oleh teknologi video asisten wasit (VAR).

Dalam laga melawan Maroko di Kaliningrad Stadium, Rusia, Spanyol tertinggal oleh gol Khalid Boutaib pada menit ke-14. Gol ini tercipta setelah terjadi salah pengertian antara Andres Iniesta dan Aergio Ramos soal siapa yang akan mengambil bola.

Spanyol menyamakan kedudukan lewat Isco pada menit ke-19, yang memanfaatkan assist Iniesta. Namun, mereka kembali kebobolan oleh sundulan Youssef En-Nesyri, yang memanfaatkan umpan sepak pojok pada menit ke-81.

Ketika kekalahan seperti akan menghampiri, Spanyol akhirnya mendapat gol dari Iago Aspas, yang tampil sebagai pemain pengganti. Gol ini tercipta pada menit ke-90 dan wasit sempat membutuhkan waktu untuk mengesahkannya karena menunggu analisa VAR.

Dalam proses mencetak gol itu, Isco, yang mendapat umpan dari Daniel Carvajal, sudah dinyatakan offside oleh hakim garis. Tapi wasit memutuskan memeriksa VAR. Lewat tayangan ulang, terlihat bahwa kaki pemain Maroko berada di garis paling belakang, tapi bahu Isco memang dalam posisi offside. Wasit Ravshan Irmatov (Uzbekistan) akhirnya memutuskan gol itu sah.

Dengan hasil 2-2 ini, Spanyol lolos sebagai juara grup. Mereka melaju didampingi Portugal yang di laga lain ditahan Iran 1-1.

Dalam laga di Mordovia Arena, Portugal mendapat gol dari Ricardo Quaresma (35). Mereka gagal memanfaatkan peluang menambah keunggulan setelah Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi penalti pada menit ke-53. Iran akhirnya menyamakan kedudukan lewat gol penalti Karim Ansarifard pada menit ke-90.

Sama-sama mengemas nilai 5, Timnas Spanyol unggul selisih gol dari Portugal (6-5 dibanding 5-4). Di babak 16 besar, Spanyol akan menghadapi Rusia sebagai runner-up Grup A, sedangkan Portugal melawan Uruguay yang menjadi juara grup.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait