Hasil UEFA Super Cup, Drama Adu Penalti Menangkan Chelsea Atas Villareal

Indra Kurniawan | 12 Agustus 2021 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lewat drama adu penalti, Chelsea akhirnya berhasil merebut Piala UEFA Super Cup untuk kedua kali. Dalam laga yang berlangsung ketat, Kamis (12/8) dini hari, Chelsea mengalahkan Villareal dengan skor 6-5 (1-1). Gelar ini kian mengukuhkan Chelsea sebagai penguasa Eropa musim ini.

Menurunkan skuad terbaik dengan Hakim Ziyech dan Kai Havertz di lini depan, Chelsea unggul lebih dulu hingga turun minum. Gol dari The Blues diceploskan Ziyech pada menit ke-37. Sayang, Ziyech harus ditarik keluar di akhir babak pertama karena mengalami cidera bahu.

Tahu lawan lebih baik, Villareal memilih bertahan lebih rapat dan hanya mengandalkan serangan balik sesekali. Namun sepanjang babak pertama tak ada ancaman berarti dari tim asuhan Unai Emery. Mereka lebih sering membuang peluang. 

Memasuki babak kedua, Villareal mulai mengambil inisiatif serangan meski di bawah tekanan Chelsea yang unggul dalam penguasaan bola. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba.

Lewat sepakan Gerard Moreno, Villareal menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-73. Villareal terus melancarkan serangan ke pertahanan Chelsea yang digalang Antonio Rüdiger, Kurt Zouma, dan Trevoh Chalobah.

Hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan, skor tidak berubah dan pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Ini kali ketiga Chelsea melalui UEFA Super Cup lewat perpanjangan waktu. Sebelumnya, terjadi 2013 dan 2019.

Babak pertama perpanjangan waktu didominasi Chelsea. Pulisic, Jorginho, dan Havertz silih berganti melakukan serangan ke arah gawang Villareal yang dijaga kiper Sergio Asenjo. Tak ada gol tercipta.

Pun hingga babak kedua perpanjangan waktu berakhir kedudukan tetap sama kuat 1-1. Pergantian penjaga gawang dilakukan Thomas Tuchel. Edouard Mendy keluar digantikan Kepa yang lebih memiliki mental menghadapi adu penalti. 

Dalam drama adu penalti, Kepa menjadi pahlawan kemenangan Chelsea. Dia berhasil menggagalkan tendangan Mandi dan Raul Albiol. Sementara dari Chelsea hanya Kai Havertz yang gagal mencetak gol. Selamat Chelsea. 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait