Culinary Wedding Festival 2023 Bangkitkan Bisnis WO Usai Pandemi

Seno Susanto | 5 Februari 2023 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bisnis jasa wedding organizer beberapa tahun belakangan sejak sebelum pandemi sempat menjamur lantaran banyak dicari dan menggiurkan. Apalagi dengan konsep pernikahan unik, menarik dan mengusung budaya nusantara yang dekat pada masyarakat.

Namun sejak 2019, bisnis WO mengalami penurunan akibat hantaman pandemi Covid. Banyak yang gulung tikar lantaran sepi job karena pembatasan kegiatan dari pemerintah.

Untuk membangkitkan kembali gairah sektor jasa pernikahan setelah mati suri karena pandemi digelar Culinary Wedding Festival 2023 di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur mulai 3 sampai 5 Februari 2023.

"Dampak pandemi tentunya sangat berpengaruh. Kita berharap dengan adanya acara ini bisa menjadi awal kebangkitan industri pernikahan, mungkin kebangkitannya bisa lebih cepat,” ujar Ivonne Susiana, Direktur Utama Sasana Kriya TMII sekaligus ketua penyelenggara Culinary Wedding Festival di TMII, Jakarta, Jumat (3/2).

Culinary Wedding Festival ini mengangkat tema Nusantara dalam Industri Pernikahan. Tentu saja tema tersebut sejalan dengan konsep TMII sebagai etalase budaya nusantara.

"Nanti akan ada tampilan berbagai tarian nusantara termasuk peragaan busana baik pengantin klasik maupun modern. Ada juga pagelaran busana wastra nusantara yang dibawakan oleh anjungan-anjungan di TMII," jelas Ivonne.

Culinary Wedding Festival 2023 Bangkitkan Bisnis WO Usai Pandemi

Sebelumnya, acara Culinary Wedding Festival yang pertama digelar pada tahun 2015 silam berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan menyajikan makanan dengan rijsttafel dari daerah terbanyak.

Kini, Culinary Wedding Festival 2023 juga berhasil memecahkan rekor MURI karena telah menghadirkan aneka sop khas daerah musantara terbanyak yaitu 62 jenis sop dengan partisipasi para peserta vendor katering dan anjungan-anjungan TMII.

"Ini masuk dalam kriteria rekor MURI ya bersifat superlatif. Dalam hal ini maksudnya terbanyak. Setelah diverifikasi tadi, disajikan 62 jenis sop dari berbagai jenis khas daerah di nusantara," kata Triyono, Senior Customer Relation Manager MURI.

Acara Culinary Wedding Festival menghadirkan vendor-vendor yang menyediakan jasa pernikahan seperti dekorasi, tata rias, dokumentasi hingga hiburan. Para calon pengantin pun dapat konsultasi mengenai persiapan pernikahan kepada para wedding planner.

Penulis : Seno Susanto
Editor: Seno Susanto
Berita Terkait