Makan Kurma di Bulan Ramadan, Banyak Manfaat dan Membawa Berkah

Supriyanto | 22 Maret 2023 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Khasiat buah kurma penting untuk dipahami oleh umat muslim. Memakan buah kurma dalam jumlah ganjil saat berbuka puasa merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Ustadz Erick Yusuf merasakan sendiri khasiat buah kurma. Sejak kecil dirinya sudah mengonsumsi kurma hanya sekedar mengikuti sunnah nabi. Namun semakin dipelajari, kandungan buah kurma memiliki keistimewaan untuk tubuh manusia.

"Ini percaya nggak percaya ya, saya datang ke sini dalam keadaan lelah habis road show dakwah dari luar kota, terus saya minta diinfus. Saya makan kurma, alhamdulillah saya baik-baik aja," ungkap Ustaz Erick Yusuf di peluncuran program “Masjid Sehat, Jamaah Kuat”, Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

Ustaz Erick Yusuf rasakan manfaat kurma sejak kecil

"Saya makan kurma udah lama, dari kecil. Jadi efeknya tuh saya rasakan banget sekarang. Kita makan kurma sekarang terus langsung terasa khasiatnya, bukan kayak gitu. Jadi memang udah lengket nih di badan atau jadi dedek gitu istilahnya, insya Allah segala macam penyakit bisa cepat pemulihannya," tambah Erick Yusuf Ihaqi.

Mantan musisi dan penulis lagu asal Bandung itu pun mendukung Program Edukasi Kesehatan “Masjid Sehat, Jamaah Kuat” di 777 masjid di seluruh Indonesia yang diselenggarakan Dewan Masjid Indonesia (DMI), didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berkoloborasi dengan Susu Steril Tujuh Kurma.

Program ini dilaksanakan demi mendukung komitmen DMI dalam membangun lingkungan masjid yang sehat dan jamaah yang kuat, sehingga akan lebih banyak jamaah yang dapat mengunjungi masjid. Program ini nantinya akan mencakup pemeriksaan dan edukasi kesehatan bagi jamaah di masjid.

Dalam penyampaiannya, ia menambahkan kurma menjadi highlight dalam kitab suci Alquran karena dengan mengonsumsinya, kurma tersebut dapat mendatangkan berbagai manfaat serta kebaikan.

“Ketika Rasulullah SAW menganjurkan makan kurma karena dalam Alquran, kurma di highlight dan setelah diteliti kurma merupakan buah yang mendatangkan kebaikan,” jelas Erick Yusuf.

“Rasulullah menganjurkan makan kurma yang ganjil. Kenapa 7? Karena dalam hadits dari Sa’ad bin Abi Waqqash, nabi berkata, ‘Barang siapa di waktu pagi makan 7 butir kurma ajwah pada hari itu tidak akan kena racun ataupun sihir,” pungkas Erick Yusuf.

Peluncuran program edukasi Masjid Sehat, Jamaah Kuat di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Senin (20/3)

Susu Steril Tujuh Kurma sebagai susu steril pertama yang menggunakan buah kurma asli dan terbaik dalam setiap kemasannya, selalu berupaya untuk menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat dalam menjaga daya tahan tubuh, terutama ketika berpuasa saat daya tahan tubuh mulai menurun.

Brand Manager Susu Steril Tujuh Kurma, Kitto Kristanto mengatakan, program “Masjid Sehat, Jamaah Kuat” merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Kami percaya bahwa kesehatan jamaah adalah fondasi yang kuat dalam membangun masjid yang sehat, oleh karenanya dalam program ini kami akan melaksanakan serangkaian edukasi kesehatan sekaligus memperkenalkan double khasiat Susu Steril Tujuh Kurma yang didapatkan dari kebaikan susu steril dan buah kurma,” jelas Kitto.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait