Mengenal Alexandra Wellness, Klinik Kesehatan Pertama di Indonesia yang Mengusung Konsep Wellness Club

Binsar Hutapea | 7 September 2023 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kesehatan merupakan aset berharga dalam kehidupan kita yang tidak boleh diabaikan. Saat ini, banyak klinik kesehatan modern yang bermunculan. Salah satu yang menarik perhatian adalah klinik Alexandra Wellness yang memiliki tagline, "Your Wellness Journey Start Here".

Berbeda dari klinik kesehatan pada umumnya, klinik yang terletak di Medan, tepatnya di Medan Focal Point lantai 1, ini mengusung konsep wellness club, integrative medicine, functional medicine, serta healthy cafe.

Dokter Putri Wulandari, Mkes., Dipl AAAM., AFMCP., FINEM selaku dokter yang merancang konsep di Alexandra Wellness menjelaskan bahwa saat ini kesehatan menjadi aset berharga. Selain memberikan perawatan medis, masyarakat juga harus diberikan pengetahuan tentang pencegahan, perawatan terpadu, dan pemahaman tentang kesejahteraan emosional.

Berikut adalah empat alasan mengapa Anda harus mengunjungi Alexandra Wellness:

Wellness Club
Alexandra Wellness merupakan klinik pertama di Indonesia yang mengusung konsep Wellness Club, yakni konsep terkini yang berfokus pada menjaga kesehatan dan kesejahteraan.

"Ini bukan hanya tentang mengatasi masalah kesehatan, tetapi juga tentang pencegahan penyakit dan peningkatan gaya hidup yang sehat," kata dr. Putri Wulandari dalam keterangan tertulis kepada media.

Wellness Club menawarkan berbagai layanan, seperti pemeriksaan kadar stres dan peradangan tubuh, pemeriksaan kadar antioksidan atau gizi, konsultasi wellness, program detoksifikasi, uji genetik, serta membantu individu mencapai tingkat kualitas hidup yang lebih tinggi.

Integrative Medicine
Integrative Medicine adalah pendekatan holistik dalam perawatan kesehatan yang menggabungkan metode konvensional dan terapi alternatif untuk mengobati pasien secara komprehensif.

"Alexandra Wellness memahami bahwa tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk menyembuhkan diri sendiri, dan mereka berusaha merangsang proses ini dengan terapi ozon, terapi laser yang diinfuskan ke dalam pembuluh darah, hyperthermia, pijatan limfatik untuk detoksifikasi mental, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan pasien," kata dr. Putri.

Preventive Medicine
Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Preventive medicine adalah pendekatan yang difokuskan pada mengidentifikasi risiko kesehatan sejak dini dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyakit sebelum berkembang. Ini melibatkan pemeriksaan rutin terhadap peradangan, pengukuran kadar logam berat dan lemak jahat dalam darah, membersihkan hati dan sistem pencernaan, serta memulihkan nutrisi yang kurang dan memperbaiki penyerapan nutrisi di usus.

Wellbeing
Wellbeing adalah istilah yang merujuk pada kualitas mental dan fisik seseorang, yang kadang tidak selaras akibat tekanan sosial untuk menjaga kesejahteraan dan penampilan yang sempurna.

"Penting untuk memahami bahwa kesejahteraan fisik dan mental adalah perjalanan yang berbeda-beda bagi setiap individu. Dukungan psikologis dan pendidikan tentang kesejahteraan yang realistis dapat membantu mengatasi kesadaran akan kesehatan," ujar dr. Putri.

Selain itu, dr. Putri menambahkan bahwa konsep terapi di Alexandra Wellness sangat holistik, termasuk terapi Hyperbaric Oxygen Therapy dengan kualitas internasional. Terapi ini melibatkan proses menghirup oksigen murni dalam sebuah ruangan bertekanan udara tinggi.

"Dalam terapi ini, pasien akan menghirup 100 persen oksigen di dalam sebuah ruangan bertekanan udara tinggi yang disebut Ruangan Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) atau Hyperbaric Chamber," jelasnya.

Di RUBT tersebut, tekanan udara dua hingga tiga kali lebih tinggi daripada tekanan udara normal, memungkinkan paru-paru untuk mengumpulkan lebih banyak oksigen daripada yang dapat dihirup dalam tekanan udara normal.

Saat ini, dr Putri menyebut sudah banyak pasien dengan beragam masalah kesehatan yang merasakan manfaat dari terapi ini. Ia bahkan mengungkap di antara pasien tersebut datang dari kalangan artis hingga pejabat.

Beberapa manfaat Hyperbaric Oxygen Therapy di antaranya membantu penyembuhan penyakit komplikasi diabetes melitus seperti gangguan ginjal, jantung, liver; meningkatkan produksi kolagen dan elastin; meningkatkan produksi antioksidan; meningkatkan metabolisme energi saraf dalam otak; detoksifikasi tubuh; menghapus radikal bebas; antiinflamasi; penurunan berat badan; toning kulit; hingga pengurangan keriput tanpa botox. Penggunaan Hyperbaric Oxygen Therapy juga banyak di dapati hasil yang baik pada anak -anak autisme.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait