Kiat Sukses Kuliner Indonesia Tembus Pasar Global

Indra Kurniawan | 15 September 2023 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kepopuleran kuliner khas Indonesia tidak terlepas inovasi dari peran pelaku usahanya. Inovasi produk
menjadikan kuliner Indonesia makin terkenal di kancah internasional.

Feraldo Orazio Teranggono, salah satu contohnya. Berawal dari industri kecil, berkat keberaniannya melakukan inovasi sekarang produknya sudah go international.

Feraldo Orazio Teranggono adalah pengusaha di bidang kuliner dengan spesialisasi olahan rempah-rempah instan Indonesia yang dirintis sejak 1980. Sebelum perusahaannya, PT Enak Jaya Makmur, besar seperti sekarang, dia berceruta dulunya merupakan industri kecil dengan sistem semi tradisional.

Hebatnya, Feraldo terus melakukan perubahan yang membuat perusahaan makin berkembang. Banyak hal baru diterapkan Feraldo pada perusahaannya di antaranya revolusi industri 4.0 dan melakukan investasi mesin-mesin modern.

Pemilik akun Instagram @feraldo mengungkapkan dirinya juga membuat banyak program kerja baru, mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya mengadakan divisi RnD dan promosi.

Menurutnya, divisi ini perlu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah seiring perkembangan zaman dan membuat produk Enak Eco lebih terkenal secara luas lagi.

Dengan perubahan semacam itu, kinerja tim marketing kini semakin berkembang dan pengenalan produk Enak Eco tidak hanya terbatas pada area Jawa dan Bali. Pemasarannya kini sudah mencakup wilayah Kalimantan, Sulawesi, Ambon, hingga Sorong-Papua. 

Produknya bahkan sudah berhasil menembus pasar global dan sukses dipasarkan ke beberapa negara seperti Arab Saudi, Australia, Jepang, dan AS.

Feraldo mengaku saat ini memang sedang fokus dalam pengembangan pasar global. Tujuannya, karena ingin melestarikan dan mengenalkan makanan khas Indonesia di kancah internasional.

Sebagai seorang pengusaha, Feraldo terus berupaya agar perusahaannya mampu menjadi pelopor no.1 produsen makanan dan bumbu masakan Indonesia dengan kekayaan dan cita rasa alami.

Kesuksesan yang diraih sekarang merupakan buah kerja keras dan semangat pantang menyerah. Menurut Feraldo, salah satu kunci utama untuk meraih kesuksesan adalah dengan konsisten yang tinggi. Jika tidak memiliki rasa konsisten, seseorang pasti akan mudah menyerah dalam mengejar mimpinya.

Seperti motto hidupnya, konsisten merupakan kunci sukses. Hal ini sama seperti yang diterapkan dalam membangun perusahaannya. Sebagai pimpinan, Feraldo selalu konsisten dalam memastikan bahwa produknya menggunakan bahan-bahan berkualitas.

Feraldo bersama Gigi, harus lakukan inovasi biar produknya dikenal masyarakat luas (instagram)

“Sejak dulu memang selalu konsisten dalam memilih bahan baku berkualitas, sehingga produk kami memiliki standar yang tinggi serta diakui baik lokal maupun internasional”, terang Feraldo.

Perusahaan asal Malang, Jawa Timur ini sampai saat ini sudah memiliki banyak produk bumbu instan yang semuanya sudah bersertifikat internasional. Di antaranya ada bumbu kacang, bumbu masak, dan aneka sambal.

Untuk bumbu kacang Anda bisa memilih berbagai varian mulai dari bumbu gado-gado, bumbu pecel, bumbu sate, dan lainnya.

Ada pula bumbu masak ada berbagai macam pilihan menu mulai dari soto, gulai, rendang, opor, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk aneka sambal ada berbagai macam pilihan seperti sambal terasi, sambal bawang, sambal lombok ijo, hingga bumbu pengempuk daging.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait