8 Tips Turunkan Demam Tanpa Bantuan Obat-obatan

Alam Mary | 1 Desember 2023 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat anak mengalami demam, kebanyakan orang tua langsung mengatasinya dengan bantuan obat-obatan yang mengandung paracetamol atau ibuprofen. Hal ini disebabkan kekhawatiran para orang tua jika demam akan membuat anak tidak nyaman dan sulit beristirahat.

Namun ada kalanya orang tua memiliki anak yang susah minum obat. Akibatnya, orang tua cuma bisa pasrah menemani anaknya yang rewel atau bahkan terus menangis karena demam tak kunjung reda.

Well, selama demam tidak disertai gejala lain yang serius seperti dehidrasi, lendir hidung yang mulai berwarna hijau atau kuning, kejang atau demam sudah berlangsung lebih dari 3 hari, perawatan rumahan tanpa obat-obatan masih dapat dilakukan.

Setidaknya, ketika anak menolak minum obat, orang tua masih bisa melakukan sesuatu untuk membantu menurunkan demam anak. Melansir Medicine Net, ada 8 cara yang dapat dilakukan orang tua saat merawat anaknya yang sedang demam. Berikut ini kedelapan cara tersebut.

1. Sering minum air putih

- Demam dapat membuat penderitanya terkena risiko dehidrasi. Maka memberi minum air putih secara berkala akan membantu anak tetap terhidrasi.

- Gunakan sendok untuk memberikan air putih kepada anak yang sedang demam. Sebanyak beberapa sendok setiap 10 menit akan sangat membantu menjamin ketersediaan air dalam tubuh. 

- Asupan air dapat membuat tubuh terasa lebih nyaman, karena fungsi air yang mendinginkan dari dalam.

2. Menyeka atau mengelap tubuh 

- Teknik ini cukup efektif menurunkan panas, terutama bagi penderita demam yang mulai terbatas aktivitasnya atau hanya bisa berbaring di ranjang. 

- Spons atau handuk yang dibasahi air dapat digunakan untuk menyeka tubuh. Pertama celupkan spons atau handuk ke dalam air dingin, peras secukupnya, kemudian gunakan untuk membersihkan seluruh bagian tubuh anak yang sedang demam. Lakukan beberapa kali hingga panas mulai terasa mereda.

- Beberapa bagian tubuh seperti kening, dada, selangkangan, dan pergelangan tangan, menjadi yang utama dalam proses menyeka.

3. Mandi air suam-suam kuku

- Penderita demam boleh mandi. Mandi dengan cara berendam dalam bak ber isi air suam-suam kuku salah satu teknik yang cukup ampuh menurunkan demam. 

- Mandi air suam-suam kuku juga bisa dilakukan dengan menggunakan shower. Cara ini akan menurunkan ketegangan pada otot dan memberi efek nyaman bagi penderita demam.

- Mandi air suam-suam kuku dapat sekaligus meredakan stres dan memberi kekuatan atau energi.

4. Vitamin C

- Menolak minum obat, tapi anak mungkin tidak akan menolak saat disuguhi buah-buahan kaya Vitamin C. Vitamin C dapat membantu meredakan stres dan memperbaiki daya tahan tubuh secara cepat.

- Air perasan lemon yang diseduh dengan air suam-suam kuku juga efektif meredakan demam yang disebabkan flu dan batuk. 

5. Makanan bernutrisi

- Walau mungkin mulut penderita demam terasa pahit, tetap usahakan memberi anak makanan bergizi yang tidak hanya mengandung vitamin, tapi juga protein dan mineral. Dengan mengonsumsi makanan sehat, daya tahan tubuh anak akan meningkat. Penyakit penyebab demam pun dapat lebih cepat diatasi oleh tubuh.

- Perhatikan tekstur makanan, mengingat daya cerna tubuh agak sedikit melemah saat demam.

6. Sup

- Sup yang mengandung bahan-bahan herbal dan rempah dapat meningkatkan peredaran darah dan membantu tubuh berkeringat. 

- Sup kaldu tulang juga bisa menjadi pilihan karena dapat mengembalikan daya tahan tubuh dengan cepat.

7. Jus buah

- Jus buah dalam kemasan bisa diberikan kepada mereka yang sedang demam. Selain rasanya yang menyegarkan, kandungannya pun sudah kaya vitamin dan mineral. 

- Ini salah satu cara terbaik dan memiliki 2 manfaat sekaligus. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi jus buah juga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

8. Pakaian tipis

- Jangan bungkus anak dengan pakaian tebal dan selimut saat demam. Sebaliknya, berikan ruang istirahat atau berbaring yang cukup lega dan nyaman. Pakaikan anak baju yang tipis, sejuk, dan tidak membuat panas yang

Penulis : Alam Mary
Editor: Alam Mary
Berita Terkait