Hero x FoodCycle Farm, Kolaborasi Hero Supermarket dan FoodCycle Indonesia Kurangi Limbah Organik

Binsar Hutapea | 4 Desember 2023 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022, jumlah akumulasi sampah di Indonesia mencapai 36,1 juta ton. Sekitar 40,3 persen di antaranya diperkirakan merupakan limbah sisa makanan yang belum dikelola dengan baik. Hal ini pun menambah kompleksitas permasalahan sampah yang menjadi tantangan di Indonesia. 

Menyikapi situasi ini, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) melalui unit bisnisnya, Hero Supermarket, bermitra dengan FoodCycle Indonesia untuk membantu mengurangi limbah organik melalui program Hero x FoodCycle Farm.

Hero Supermarket memainkan peran penting dalam mendukung keberlanjutan lingkungan. Sebagai peritel yang telah menerapkan prinsip keberlanjutan dalam operasional bisnisnya, Hero berkomitmen memberikan dampak positif pada lingkungan sekitarnya. Hero mewujudkannya dengan komitmen dan rencana keberlanjutan melalui berbagai inisiatif di bawah program Hero For Life.

Hero x FoodCycle Farm adalah inisiatif terbaru Hero Supermarket dan FoodCycle Indonesia (FCI) untuk mengelola limbah organik menggunakan teknologi biokonversi Black Soldier Fly (BSF). Program ini merupakan terobosan untuk mengatasi limbah makanan dari aktivitas bisnis sehari-hari, di mana Hero bertanggung jawab dalam meminimalkan dampak negatifnya.

Hero x FoodCycle Farm adalah inisiatif terbaru Hero Supermarket dan FoodCycle Indonesia (FCI)

Hendy, Direktur Hero Supermarket, menyatakan, "Salah satu tantangan yang harus kita hadapi bersama adalah isu pemborosan makanan di Indonesia yang semakin mendesak. Sebagai peritel modern yang telah tumbuh bersama masyarakat Indonesia selama lebih dari 52 tahun, Hero Supermarket berkomitmen menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan. Kami berharap program Hero x FoodCycle Farm tidak hanya menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi Hero Supermarket, FCI, dan masyarakat Indonesia."

Melalui program Hero x FoodCycle Farm, Hero Supermarket dan FCI tidak hanya mengelola sampah organik harian tetapi juga mengurangi sekitar 4,5 ton emisi CO2 setiap bulan karena proses pengelolaan limbah makanan ini dilakukan di area toko Hero tanpa perlu dipindahkan seperti proses umumnya. Program ini juga menghasilkan pupuk organik yang digunakan untuk pertanian petani lokal, dengan produknya dijual di beberapa toko Hero Supermarket.

Herman Andryanto, Co-Founder FoodCycle Indonesia, menambahkan, "FoodCycle Indonesia menyambut baik dukungan Hero Supermarket dalam melaksanakan program kolaborasi Hero x FoodCycle Farm. Ini adalah bukti nyata komitmen kami dalam mengurangi pemborosan makanan atau limbah makanan di tempat pembuangan akhir, serta menerapkan sistem pangan berkelanjutan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita semua."

Produk pertanian dari Hero x FoodCycle Farm sudah tersedia di gerai-gerai Hero Supermarket di area Jabodetabek. Pelanggan dapat menikmati produk segar berkualitas sambil mendukung kesejahteraan petani lokal. Selain itu, selama periode 4–10 Desember 2023, pelanggan dapat menikmati penawaran Buy 2 Get 1 untuk produk Hero x FoodCycle Farm. Informasi lebih lanjut tentang program keberlanjutan HERO Group dapat ditemukan di halaman Instagram Hero For Life, serta promosi menarik lainnya di Instagram Hero Supermarket.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait