5 Jenis Olahraga Ini Cocok Menjadi Pilihan Anak Muda

Siti Adisya Kirana | 6 Desember 2023 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Olahraga berguna untuk meningkatkan konsentrasi, memberi energi pada tubuh, membantu menjaga berat badan yang sehat, dan mencegah penyakit di masa depan.

Untuk kaum muda khususnya remaja harus sering berolahraga karena dapat meningkatkan kepercayaan diri serta meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Department of Health and Human Services US menyarankan agar remaja berolahraga setidaknya 150 menit dalam minggu.

Banyak sekali olahraga untuk anak muda yang kini sudah menjadi rutinitas sehari-hari bahkan gaya hidup. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tren berbagai cabang olahraga yang sedang populer di kalangan anak muda.

Berikut jenis-jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh anak remaja untuk kesehatan tubuh :

1.Muay Thai

Olahraga yang berasal dari Thailand memang populer di kalangan anak muda. Pasalnya, olahraga Muay Thai memiliki banyak efek menguntungkan bagi tubuh, termasuk mengencangkan kulit dan membakar kalori.

Selain itu, olahraga ini juga meningkatkan kemampuan bertahan anda terhadap banyak hal.

2Pound Fit

Pound Fit juga merupakan olahraga modern yang ada sejak tahun 2011. Olahraga ini dikenal unik dan sangat menarik sehingga banyak orang yang menginginkan untuk melakukan aktivitas olahraga ini.

Pound fit merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang menggunakan peralatan seperti stik drum untuk menciptakan ritme yang mengiringi latihan. Olahraga ini bisa membuang banyak kalori dan efektif menurunkan berat badan.

3. Bola Voli

Cobalah untuk melakukan olahraga bola voli. Bola voli dapat membantu membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, melatih keseimbangan, koordinasi tubuh, serta mengoptimalkan metabolisme.

Selain itu dengan melakukan olahraga bola voli juga dapat meningkatkan mood. Pasalnya, saat bermain bola voli, tubuh melepaskan hormon endorfin.

Endorfin adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh sistem saraf tubuh untuk melawan rasa sakit dan stres.

4. Yoga

Yoga adalah olahraga yang membantu meningkatkan kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan tubuh. Selain itu, yoga dapat membantu anak remaja untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan mental.

Yoga menggunakan gerakan dan pernapasan untuk melepaskan ketegangan pada tubuh dan pikiran. Dalam yoga, semua gerakan dilakukan dengan pernapasan dalam dan terkontrol.Ini membantu kaum muda dalam mengelola stres dan meningkatkan konsentrasi.

Selain itu, yoga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental remaja dengan mengurangi kecemasan dan depresi.

5. Bersepeda

Bersepeda sudah menjadi olahraga yang sangat digemari banyak orang. Bersepeda dapat membantu dalam mempertahankan massa dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia, melindungi dari efek penuaan, dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bersepeda membantu menjaga kesehatan jantung.

Olahraga bersepeda jika dilakukan bersama keluarga atau kerabat dekat, tidak hanya membuat anda bisa menikmati udara segar, tapi juga menjaga kesehatan mental dan membantu anda menjalani hidup lebih bahagia. Jenis olahraga ini juga dapat membantu mengurangi stres berlebihan dan menjaga kesehatan tubuh.

Ada banyak olahraga yang cocok untuk remaja dan setiap olahraga mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Remaja hendaknya memilih olahraga yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya agar dapat memperoleh manfaat yang maksimal.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari berolahraga, berolahragalah secara teratur, makan makanan yang sehat, dan memperbanyak istirahat.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Siti Adisya Kirana
Berita Terkait