3 Efek Samping Mengonsumsi Buah Jeruk Setelah Makan Bagi Kesehatan

Fadila Nurul Azizah | 31 Januari 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan jeruk keprok, dan semua jenis buah jeruk, yang dikenal karena rasa tajamnya yang khas, bukanlah makanan penutup. Mereka adalah kelompok buah yang beragam milik keluarga Rutaceae dan tinggi vitamin C.

Buah ini mengandung antioksidan kuat yang mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan kolagen, dan membantu penyerapan zat besi. 

Menurut ahli kesehatan, meskipun sehat, tidak baik makan buah jeruk setelah makan. Mengonsumsi jeruk setelah makan dapat menyebabkan beberapa efek samping. Asam sitrat dalam jeruk dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan refluks asam atau gangguan lambung bagi beberapa orang.

Berikut beberapa efek samping dari makan buah jeruk setelah makan:

1. Dampak asam pada pencernaan
Karena buah jeruk bersifat asam, sehingga mengkonsumsinya setelah makan dapat mengganggu pencernaan bagi beberapa individu. Keasaman dapat menyebabkan ketidaknyamanan, gangguan pencernaan, atau mulas, terutama pada mereka yang rentan terhadap refluks asam.

2. Penundaan penyerapan nutrisi
Menurut ahli diet Ekta Singhwal seperti dilansir Health Shots, kehadiran senyawa tertentu dalam buah jeruk dapat memengaruhi penyerapan nutrisi termasuk polifenol, tanin, dan oksalat. Hal ini juga dapat mempengaruhi bioavailabilitas mineral dan vitamin esensial. Meskipun efek ini mungkin tidak signifikan bagi kebanyakan orang dengan diet seimbang, mereka yang memiliki masalah nutrisi atau kekurangan tertentu mungkin ingin memperhatikan komposisi makanan mereka secara keseluruhan dan waktu konsumsi buah jeruk.

3. Potensi kenaikan berat badan
Mengonsumsinya secara berlebihan, terutama setelah makan, dapat berkontribusi pada asupan kalori yang melebihi pengeluaran energi, yang berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu. 

Penulis : Fadila Nurul Azizah
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait