5 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Siti Adisya Kirana | 7 Februari 2024 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagian besar orang pasti pernah mengalami kondisi bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini menjadi penghambat aktivitas sehari-hari, seperti saat berbicara maupun saat mengkonsumsi makanan ataupun minuman. Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah ini kerap kali membuat bibir terasa sakit, nyeri bahkan bisa mengeluarkan darah.

Kondisi bibir yang seperti ini tentu saja tidak memandang gender maupun usia, baik laki-laki maupun perempuan pasti pernah mengalami kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah. Usia anak-anak hingga dewasa pun tidak terkecuali.

Tanpa kita sadari, kita sudah membentuk sebuah kebiasaan yang membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Banyak sekali penyebab yang kita tidak sadari hingga membuat kondisi bibir menjadi buruk. Namun kondisi bibir yang seperti ini bisa diatasi dengan melakukan perawatan yang simple dan mudah untuk dilakukan.

Berikut 5 penyebab yang membuat kondisi bibir menjadi kering dan pecah-pecah:

1. Kena sinar matahari

Kondisi seperti ini tentu tidak bisa dihindari saat kita sedang berada dibawah sinar matahari. Matahari yang menyengat dan berlebihan pun bisa mempengaruhi sehingga membuat bibir mengalami kering dan pecah-pecah. Terbukti bahwa sinar UV bisa membuat kondisi bibir seperti ini. Tidak hanya saat terkena paparan sinar matahari saja, ternyata dalam kondisi dingin pun sama halnya juga dapat memperburuk kondisi.

2. Menjilat bibir

Pasti untuk penyebab ini menjadi salah satu kebiasaan yang kita sering lakukan. Tanpa kita sadari, kita tidak sengaja untuk membasahi bibir dengan air liur dengan alasan yang tidak pasti. Tentu saja kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Pada awalnya saat kita menjilat bibir membuat bibir terasa lembab, namun itu hanya bersifat sementara karena air ludah akan menyerap sehingga membuat bibir terasa kering kembali dari sebelumnya.

3.  Mengonsumsi makanan asin

Rasanya tidak lengkap ya jika kita mengkonsumsi makanan tanpa ada rasa asin yang membuat makanan semakin nikmat. Namun, siapa sangka jika mengkonsumsi makanan perasa asin dapat memperburuk bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan garam yang terkandung pada makanan dapat mengurangi kelembaban yang ada pada di bibir kita.

Namun hal ini tidak melarang kamu untuk mengkonsumsi makanan yang terdapat perasa asinnya ya, makanan yang terdapat rasa asin boleh dimakan namun tidak wajib dikonsumsi secara berlebihan.

4. Tidak pakai pelembab bibir

Sebuah keharusan bagi semua orang, terutama wanita untuk menggunakan lip balm agar bibir terasa lembab dan sehat. Tak hanya wajah dan kulit yang bisa memakai pelembab sesuai dengan fungsinya masing-masing, bibir pun juga sebisa mungkin dipakaikan lip balm agar bibir terasa halus dan segar sehingga terhindar dari masalah bibir kering dan pecah pecah.

Jadi jangan ragu untuk menggunakan lip balm untuk kesehatan bibir kamu, ya! Pastikan kandungan yang terdapat pada lip balm sesuai dengan yang kamu butuhkan.

5. Kurang minum air putih

Salah satu penyebab bibir mengalami kering dan pecah-pecah ini seringkali menjadi kesalahan sebagian besar orang karena lupa mengkonsumsi cairan yang diperlukan pada tubuh. Kekurangan minum air putih menjadi alasan utama mengapa bibir kering dan pecah-pecah bisa terjadi.

Hentikan kebiasaan tidak mengkonsumsi air putih secara teratur, pasalnya kurang minum air dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi yang mampu memperburuk kondisi bibir terutama tubuh, karena dehidrasi memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh.

5 hal ini menjadi penyebab kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah bisa terjadi, mulai sekarang kamu harus aware pada kesehatan bibir agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada bagian bibir.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Supriyanto
Berita Terkait