4 Alasan Mengapa Anak Menjadi Lebih Pintar Ketika Sering Bermain dengan Ayahnya

Dian Fitriani | 10 Februari 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Keterlibatan ayah dalam perkembangan anak telah lama diakui sebagai faktor penting dalam pembentukan kepribadian dan kemampuan intelektual mereka di kemudian hari. Menurut penelitian, memiliki ayah yang peka dan tenang menghasilkan anak-anak yang lebih cerdas.

Studi juga menunjukkan bahwa bermain bersama ayah tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga merupakan cara yang efektif untuk perkembangan intelektual dan emosional anak. Berikut adalah beberapa alasan mengapa anak bisa menjadi lebih pintar ketika sering bermain bersama ayahnya:

1. Stimulasi kognitif yang beragam
Bermain dengan ayah seringkali melibatkan aktivitas yang menstimulasi otak anak, seperti menyelesaikan teka-teki, bermain permainan strategi, atau memecahkan masalah bersama. Hal ini membantu melatih keterampilan pemecahan masalah dan logika anak.

2. Menunjukkan peran positif
Ayah sering kali berperan sebagai model peran bagi anak, terutama dalam hal-hal seperti kemampuan berpikir kritis, kemandirian, dan keberanian. Ketika anak melihat ayah mereka menggunakan keterampilan ini dalam bermain, mereka cenderung menirunya dan mengembangkan keterampilan yang sama.

3. Pembelajaran sosial
Bermain bersama ayah juga mengajarkan anak tentang kerja sama, komunikasi, dan resolusi konflik. Ini membantu anak mengembangkan keterampilan sosial yang penting untuk berinteraksi dengan orang lain di lingkungan mereka.

4. Pengembangan keterampilan motorik
Bermain fisik seperti bermain bola, bermain di luar, atau bermain permainan aktif lainnya bersama ayah membantu mengembangkan keterampilan motorik kasar dan keterampilan koordinasi tubuh anak.

Profesor Paul Ramchandani, dari Imperial College London, seperti dilansir oleh Daily Mail menyimpulkan, “Pesan yang jelas bagi para ayah baru di sini adalah untuk tetap terlibat dan bermain dengan bayi Anda, bahkan ketika mereka masih sangat muda, bermain dan berinteraksi dengan mereka dapat memberikan efek positif."

Oleh karena itu, memberi anak kesempatan untuk bermain dan belajar bersama ayahnya adalah investasi yang berharga untuk masa depan mereka.

Penulis : Dian Fitriani
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait