5 Tips Mengatasi Rambut Rontok yang Berlebihan

Siti Adisya Kirana | 5 Maret 2024 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rambut yang rontok dari kulit kepala atau disebut alopecia sebenarnya merupakan sesuatu yang umum terjadi. Setiap harinya, rambut yang rontok sampai 100 helai merupakan hal yang normal. Saat keramas, rambut rontok sampai 250 helai juga masih tergolong normal.

Anda harus memperhatikan jika rambut anda rontok lebih dari seratus helai setiap hari dan terjadi terus-menerus, mungkin ada gangguan atau masalah kesehatan yang menyebabkan rambut rontok yang sangat parah.

Menurut Healthline, berikut adalah beberapa metode alami untuk mengatasi rambut rontok:

1. Pijat Kulit Kepala

Pijat kulit kepala dapat membantu mengatasi rambut rontok karena meredakan stres dan kelelahan dan mencegah rambut rontok.

Selain itu, memijat kulit kepala meningkatkan sirkulasi yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut baru.

2. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki asam laurat yang dapat membantu mengikat protein pada rambut, mencegah rambut rontok dan melindunginya dari kerusakan akar.

3. Hindari Keseringan Menata Rambut

Hindari menata rambut terlalu sering dengan menggunakan alat panas untuk meluruskan atau mengeriting rambut

Selain itu, jangan mengepang rambut terlalu ketat. Ini dapat menarik rambut dari akar dan menyebabkan lebih banyak rontok daripada yang biasanya terjadi.

4. Cuci Rambut Secara Teratur

Cuci rambut secara teratur sesuai dengan aktivitas anda. Jika anda sering berada di luar ruangan, setidaknya kita dianjurkan untuk mencuci rambut setiap hari atau dua kali sehari.

Secara teratur mencuci rambut dapat melindungi rambut dari kerontokan karena menjaga kulit kepala bersih dan sehat.

5. Konsumsi Protein

Anda dapat mengatasi rambut rontok dengan makan makanan yang tinggi protein. Ini karena keratin, sebuah protein, adalah bahan utama dari folikel rambut.

Untuk mencegah kerontokan rambut, anda dapat mengonsumsi makanan kaya protein seperti telur, kacang-kacangan, ikan, produk susu, ayam, dan lainnya.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait