Nyeri Sendi Akut Pasca Melahirkan, Seperti Ini Cara Mengatasinya

Alam Mary | 24 Maret 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setiap habis melahirkan, hampir semua wanita biasanya jadi merasa "tua renta". Hal ini tidak lain disebabkan karena munculnya gangguan kesehatan nyeri sendi. Beberapa bagian tubuh seperti punggung bagian bawah, pinggul, lengan, hingga lutut akan terasa sakit selama kurang lebih 4 sampai 6 minggu setelah melahirkan atau dalam masa nifas. 

Bagi sebagian wanita, rasa nyeri yang muncul bisa jadi sangat mengganggu. Karena nyeri sendi itu sendiri biasanya dibarengi dengan gejala kekakuan, pembengkakan dan kemerahan. 

Adapun penyebab munculnya nyeri sendi setelah melahirkan, yaitu kenaikan berat badan yang umum terjadi saat hamil. Di mana hal itu memengaruhi anggota tubuh lainnya untuk melakukan penyesuaian, termasuk persendian. Dan ketika tubuh secara alami berusaha kembali ke bentuk semula, rasanya akan sangat tidak nyaman.

Sementara tugas pengasuhan bayi tidak dapat menunggu hingga ibu benar-benar pulih, maka perlu dilakukan beberapa usaha agar nyeri sendi bisa segera diatasi. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh para ibu baru melahirkan, seperti dilansir dari laman Wion.

1. Lakukan diet sehat

Tentu diet yang dilakukan yaitu yang sesuai tujuan utama, yakni mengembalikan kesehatan tulang dan persendian. Paling utama, ibu baru melahirkan sebaik-baiknya menghindari minuman dan makanan mengandung kafein. Kemudian perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin K, misalnya sayur bayam. 

2. Lakukan latihan ringan

Latihan ringan dapat dilakukan oleh mereka yang baru melahirkan. Ibu yang melahirkan secara alami dapat lebih cepat melakukan latihan karena tidak ada kendala luka operasi. Walau tidak menutup kemungkinan mereka yang melahirkan lewat operasi juga melakukannya. Bahkan latihan ringan dapat membantu kesehatan fisik dan mental sekaligus. Ibu baru melahirkan dapat mengonsultasikan kepada dokter atau ahli perihal latihan ringan yang boleh dilakukan. 

3. Minta bantuan ahli

Bantuan ahli sangat dibutuhkan, terutama jika ibu baru melahirkan mengalami nyeri sendi yang tergolong tidak tertahankan atau disertai gejala-gejala kesehatan lain yang terasa memburuk seiring waktu. Jangan tunda lagi untuk segera mengonsultasikannya ke dokter. Karena bisa jadi ada gangguan kesehatan lain yang serius di balik kondisi kesehatan yang semakin memburuk pasca melahirkan.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait