5 Tips Atasi Sariawan Saat Puasa, agar Ibadah Makin Khusyuk

Siti Adisya Kirana | 27 Maret 2024 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sariawan adalah masalah mulut yang sering muncul saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Bahkan sariawan bisa muncul di beberapa area sekaligus dalam mulut.

Saat sariawan di tengah puasa, menjadi kondisi yang tak nyaman. Apalagi, saat ingin menggunakan obat, kita jadi takut membatalkan puasa.

Namun, sariawan dapat secara efektif diobati, memberi umat muslim kesempatan untuk berpuasa dengan nyaman dan tenang.

Oleh karena itu, sariawan saat puasa dapat dihindarkan dengan lima metode sebagai berikut:  

1. Gunakan obat sariawan

Berkumur dengan obat sariawan dapat mengurangi peradangan dan nyeri pada sariawan dengan efek antiseptik.

Pilih obat yang mengandung bahan penyembuhan dan antiinflamasi, seperti lidah buaya, chamomile, atau vitamin C, yang dapat anda gunakan setelah berbuka puasa atau sahur.

2. Beri madu

Madu juga bisa menjadi obat sariawan alami karena banyaknya manfaat. Sifat anti radang sekaligus antibakterinya membantu pada madu dapat mengurangi rasa perih dan mempercepat pemulihan sariawan. Setelah berbuka puasa atau sahur, cukup oleskan pada area yang mengalami sariawan.

3. Minum banyak air putih

Pastikan untuk minum air mineral secara teratur sebelum tidur, selama berbuka, dan saat sahur untuk menjaga tubuh terhidrasi dan menghilangkan bakteri di mulut yang dapat menyebabkan sariawan.               

4. Pilih makanan bergizi 

Saat berbuka dan sahur, konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein. Ini karena protein dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Sistem kekebalan tubuh akan diperkuat dengan nutrisi seperti vitamin B, C, dan zat besi.

5. Pertahankan kebersihan mulut yang baik

Sikat gigi secara teratur setelah sahur, berbuka, dan sebelum tidur dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang dapat menyebabkan sariawan di mulut anda. Gunakan pasta gigi yang lembut dan sikat gigi dengan fluoride untuk membersihkan bakteri dengan baik.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Supriyanto
Berita Terkait