Bisa Bantu Atasi Depresi, 9 Asupan Ini Wajib Masuk Menu Diet Harian

Alam Mary | 30 Maret 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika merasa depresi atau mood sedang jelek, kebanyakan orang melakukan pelarian ke makan dan minum. Dengan harapan, makanan dan minuman tersebut bisa membuat perasaan mereka menjadi lebih baik. Ada pun jenis makanan dan minuman yang dipilih biasanya yang enak-enak, sesuai selera masing-masing. 

Sayangnya, karena sekadar mengikuti selera, makanan dan minuman yang diharapkan dapat membuat mood membaik ini malah seringnya mendatangkan efek samping yang tidak baik. Misalnya, setiap kali sedih pasti makan dan minum yang manis-manis saja atau yang pedas-pedas saja. Tentu ini berisiko menimbulkan permasalahan baru ke depannya. Antara lain gangguan kesehatan seperti diabetes atau penyakit saluran pencernaan.

Melansir dari Health Line, sebetulnya ada beberapa jenis asupan yang betulan bisa membuat bahagia sehingga menurunkan kadar depresi. Makanan dan minuman ini bahkan bisa dikonsumsi sehari-hari atau dimasukkan ke dalam menu diet harian Anda. Mengonsumsinya secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya mood yang terjun bebas, serumit apapun permasalahan hidup Anda. Berikut ini daftarnya.

1. Ikan berlemak

Beberapa jenis ikan yang termasuk di dalamnya seperti salmon dan tuna. Kedua ikan ini tinggi kandungan Omega 3 jenis DHA dan EPA, yang berdasarkan penelitian terbukti berhubungan dengan penurunan tingkat depresi. Mengonsumsinya dalam bentuk minyak ikan juga sama baiknya. 

2. Cokelat hitam

Cokelat kaya kandungan peningkat mood. Beberapa di antaranya kandungan gula dan kafein yang dapat seketika menaikkan mood. Kenikmatan dari rasa, aroma, serta tekstur cokelat juga dapat memberi sensasi rasa senang. Pilihan jatuh pada cokelat jenis hitam, karena tidak mengandung terlalu banyak gula yang membahayakan kesehatan.

3. Makanan fermentasi

Kimchi, yoghurt, kefir, combucha, dan lain-lain baik untuk kesehatan usus yang dalam waktu bersamaan bisa membuat perasaan lebih enak. Karena usus yang sehat akan membuat produksi hormon serotonin meningkat.

4. Pisang

Pisang tinggi kandungan vitamin B6, memiliki gula alami, dan prebiotik. Kombinasi dari itu semua dapat membantu mempertahankan kadar gula darah yang otomatis membuat mood juga stabil. Pisang dapat dikonsumsi langsung atau sebagai bahan campuran. 

5. Havermut

Havermut dapat membantu menjaga kadar gula dan meningkatkan mood. Havermut juga tinggi kandungan iron sehingga dapat mengatasi anemia yang sering menyebabkan gangguan mood. Mengonsumsi havermut di pagi hari akan membuat hari lebih menyenangkan. 

6. Buah beri

Secara umum, mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran dapat menurunkan kadar depresi. Namun buah beri yang tinggi antioksidan akan membuat tubuh lebih sehat secara keseluruhan yang kemudian akan membuat gangguan mood juga menurun.

7. Kacang dan biji-bijian

Beberapa jenis kacang dan biji-bijian tinggi kandungan tryptophan, yaitu jenis asam amino yang memproduksi hormon bahagia, serotonin. Beberapa di antaranya seperti almon, mete, kenari, kacang tanah, juga biji bunga matahari dan biji labu, dapat menjadi pilihan untuk camilan sehari-hari. 

8. Kopi

Tentu saja, kandungan kafein menjadi faktor utama mengapa kopi termasuk ke dalam asupan yang dapat membuat bahagia. Selain itu, kandungan asam klorogenat yang juga tinggi dalam kopi dapat memperbaiki mood. Kopi decaf bisa menjadi alternatif untuk Anda yang memiliki toleransi kafein lebih rendah.

9. Kacang polong dan kacang-kacangan lainnya

Tinggi kandungan vitamin B membuat kacang polong dan beberapa jenis kacang-kacangan lainnya termasuk ke dalam daftar makanan yang bisa membuat bahagia. Vitamin B secara umum dapat membantu meningkatkan mood melalui kemampuannya memproduksi serotonin.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait