Yang Harus Dilakukan Setelah Menggunakan Pimple Patches

Alam Mary | 20 April 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pimple patches atau plester jerawat belakangan ini semakin tren di kalangan remaja. Terutama setelah hadir dalam aneka rupa yang menggemaskan. Mulai dari bentuk bintang, hati, hingga karakter-karakter hewan lucu.

Pimple patches itu sendiri, sebagaimana namanya, merupakan alat untuk mengatasi jerawat. Cara menggunakannya, cukup tempelkan pimple patches tepat di bagian jerawatnya. Sesuaikan ukuran pimple patches agar menutupi sempurna jerawat yang akan diobati.

Pimple patches agar efektif menyembuhkan jerawat, harus ditempel selama minimal 6 - 12 jam. Penggunaannya dapat dilakukan setiap hari, dimulai ketika jerawat baru muncul dan bisa diteruskan sampai jerawat benar-benar kering dan tidak meradang lagi.

Kendati demikian, penggunaan pimple patches yang terus menerus tanpa jeda dikhawatirkan menyebabkan area sekitar jerawat menjadi iritasi. Terutama pada bagian kulit yang terkena lem plester. Salah-salah malah menyebabkan masalah baru pada kulit wajah.

Oleh sebab itu, setelah satu kali penggunaan pimple patches, baiknya ada jeda waktu untuk tetap melakukan perawatan wajah secara normal.

Pimple Patches (ilustrasi)

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan setelah melepas pimple patches.

1. Cuci wajah menggunakan sabun pembersih yang mengandung anti-bakteri untuk memastikan kulit benar-benar bersih dari segala residu dan bakteri. 

2. Oleskan obat jerawat untuk jerawat yang masih meradang. Pimple patches mungkin berguna agar jerawat tidak melulu dipegang-pegang tangan atau terpapar kotoran. Namun penggunaan obat jerawat oles tetap direkomendasikan untuk memaksimalkan kesembuhan. Beri jeda sekitar 5 menit agar obat menyerap sempurna sebelum langkah selanjutnya.

3. Oleskan pelembap agar kulit tetap terhidrasi. 

4. Berikutnya adalah mengaplikasikan serum. Serum dapat digunakan siang ataupun malam untuk kecantikan kulit yang paripurna.
 
5. Berikutnya, aplikasikan SPF dengan kadar yang cukup tinggi untuk aktivitas siang hari. Gunakan sebanyak dua jari agar benar-benar merata menutupi seluruh bagian kulit wajah. Pastikan menyerap sempurna.  

6. Sebelum menggunakan riasan wajah, pada bagian jerawat yang masih meradang, Anda bisa menempelkan lagi pimple patches sesuai kebutuhan. 

Di luar rutinitas perawatan kulit wajah setelah menggunakan pimple patches, satu hal yang harus diperhatikan adalah tidak tergoda memencet jerawat! Walau mungkin terlihat sangat menggiurkan, sekali lagi, jangan! Melakukannya akan meningkatkan risiko infeksi dan munculnya bekas luka.

Penulis : Alam Mary
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait