6 Kebaikan dari Memakan Satu Siung Bawang Putih Setiap Hari

Alam Mary | 6 Mei 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bawang putih merupakan salah satu kunci yang membuat masakan terasa lebih lezat dan nikmat. Namun selain sebagai bumbu, bawang putih juga memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Memakannya sebanyak satu siung setiap hari sudah cukup membuat keseluruhan konsumsi harian Anda menjadi lebih sehat.

Rasa pedas dan aroma menyengat bawang putih mentah mungkin terasa kurang nyaman di lidah dan tenggorokan. Akan tetapi, jika melihat begitu banyak keuntungan yang bisa didapat, sedikit menahan rasa tidak nyaman masih bisa diupayakan. Mencampur bawang putih dengan daging, sayur atau sambal sebagai lalapan bisa menjadi salah satu alternatif. 

Melansir Wion, berikut 6 kebaikan dari memakan satu siung bawang putih setiap hari.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang putih mengandung zat allicin yang berfungsi sebagai antimikroba yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan risiko infeksi. 

2. Berfungsi sebagai antioksidan

Bawang putih tinggi kandungan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan paparan radikal bebas. Antioksidan juga menurunkan risiko tubuh terkena penyakit kronis.

3. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Bawang putih mentah dapat menstimulasi saluran pencernaan agar kembali berfungsi dengan baik dan meminimalkan kemungkinan timbulnya masalah-masalah pencernaan. Kandungan dalam bawang putih juga membantu tubuh menyerap nutrisi makanan dengan lebih optimal.

4. Berkhasiat sebagai anti-peradangan

Bawang putih memiliki kandungan anti-peradangan sehingga cepat membantu mengatasi peradangan dan  juga meringankan gejalanya. 

5. Detoksifikasi

Bawang putih dapat mendukung proses detoksifikasi alami tubuh, mengusir racun dan logam berat dari dalam tubuh sehingga mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

6. Meningkatkan kualitas tidur

Bawang putih mentah memiliki efek menenangkan dan merelaksasi tubuh. Cukup satu siung saja saat makan malam, kualitas tidur harian Anda akan membaik. Mereka yang sering insomnia harus segera memulai terapi konsumsi bawang putih ini.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait