Menuju Gaya Hidup Sehat, 5 Cara Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Siti Adisya Kirana | 9 Mei 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penyakit kolesterol adalah kondisi ketika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi. Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah dan sel-sel tubuh. Ini adalah bagian penting dari membran sel, membantu memproduksi hormon tertentu, dan membantu mencerna lemak.

Ada beberapa cara untuk menurunkan kolesterol, baik secara alami maupun dengan bantuan obat-obatan. Berikut beberapa cara menurunkan kolesterol dalam tubuh:

1. Mengatur Pola Makan

Perbanyak konsumsi makanan kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Serat larut membantu mengikat kolesterol LDL (jahat) dan membawanya keluar dari tubuh.

Selain itu, cara menurunkan kolesterol ialah dengan membatasi konsumsi daging merah, telur, dan produk susu tinggi lemak. Serta, batasi asupan gula dan karbohidrat olahan karena terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar trigliserida, jenis lemak lain dalam darah yang terkait dengan kolesterol tinggi.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Menurunkan berat badan bahkan sedikit pun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga aerobik minimal 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda, dapat membantu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL.

4. Berhenti Merokok

Merokok dapat meningkatkan LDL dan merusak pembuluh darah. Berhenti merokok adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan jantung Anda.

5. Mengelola Stres

Stres dapat meningkatkan kadar kolesterol. Temukan cara sehat untuk mengelola stres, seperti yoga, meditasi, atau menghabiskan waktu di alam.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Supriyanto
Berita Terkait